Tips Parenting, Orangtua Tak Melulu Mengajari Anak, Inilah yang Bisa Dipelajari dari Mereka

Surabaya (TintaSantri.com) – Kebanyakan orang tua mungkin lebih peduli tentang apa yang dapat mereka ajarkan kepada anak mereka daripada apa yang mereka pelajari dari merawat seorang anak.

Memang benar, ada banyak hal yang perlu diajarkan kepada anak-anak. Ini bukan hanya tentang mengucapkan terima kasih atau perilaku mereka. Namun, ada pelajaran hidup yang bisa diajarkan anak-anak kepada orang tuanya.

Kita perlu memahami bahwa anak-anak memiliki cara berpikir yang lebih baik tentang hal-hal tertentu daripada orang dewasa. Inilah nilai kehidupan yang bisa dipelajari saat membesarkan anak.

Jadilah diri sendiri

Anak-anak adalah orang yang percaya diri. Mereka tidak terlalu peduli dengan pandangan orang lain. Mereka hanya menjadi diri mereka sendiri. Namun, berbeda dengan perasaan malu, justru mereka akan belajar untuk lebih dekat dengan beberapa orang ketika mereka baru mengenalnya.

Melihat Hal Kecil dan Mampu Menghargainya

Barang mewah atau mahal bukanlah yang mereka pedulikan. Sebaliknya, mereka akan cenderung menghargai hal-hal kecil dan sederhana dalam hidup mereka. Selain itu, mereka mudah dihibur dengan berbagai hal unik. Kesenangan sederhana dalam hidup yang mereka miliki adalah menemukan kebahagiaan.

Mencintai dengan Hati yang Tulus

Anak-anak memiliki hati yang tulus sehingga mereka tidak takut pada orang yang mereka cintai. Hal yang menarik dari anak-anak, mereka bukanlah orang yang menghitung dengan perbuatan baik atau khawatir tentang siapa yang lebih sayang.

Bahkan, mereka mencintai dengan hati yang tulus, bahkan kebanyakan dari mereka menunjukkan kasih sayang kepada orang-orang terdekatnya. Meski terkadang mereka marah tapi tidak akan menyimpan dendam terlalu lama. Sebaliknya mereka lebih mudah berbagi kesedihan dan kebahagiaan.

Penuh Semangat Sehingga Tidak Mudah Menyerah

Sebagai anak-anak, mereka lebih cenderung mengalami kegagalan ketika melakukan sesuatu. Ada kalanya, mereka sering jatuh atau kehilangan kesabaran.

Namun, mereka tidak malu akan hal itu. Mereka menyadari bahwa mereka tidak mampu sehingga mereka harus bangkit kembali dan terus berusaha. Mereka sangat bersemangat. (PRD/ian)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *