Tips Sederhana Semakin Mahir Bahasa Inggris dengan Mudah

Surabaya (TintaSantri.com) – Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional. Tidak hanya itu, beberapa tempat mengharuskan kita menggunakan bahasa Inggris. Berbicara dalam bahasa Inggris seringkali memicu perasaan takut, malu, cemas, terlihat jelek, dan sebagainya. Hal itu terkadang membuat kita merasa minder padahal berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting.

Tetap berusaha untuk berbicara meskipun sulit

Segala sesuatu yang ingin kita pelajari harus dimulai dengan keyakinan dan kemauan untuk memulai. Berlatih berbicara bahasa Inggris sederhana tanpa kata-kata yang terlalu rumit atau bahasa yang sulit. Selain itu, jika kita mengalami kesulitan dengan grammar, kita bisa mengesampingkannya sejenak.

Misalnya, ketika Anda berbicara dengan seseorang yang menggunakan bahasa Inggris, Anda dapat merespons dengan kalimat atau pertanyaan singkat. Namun, ingat itu hanya untuk memulai, jika sudah berjalan beberapa kali, mulailah mengembangkan lagi.

Sering terlibat dengan sesuatu dalam bahasa Inggris

Sebenarnya belajar bahasa hanya berbicara tentang kebiasaan. Oleh karena itu, kita perlu mengubah beberapa kebiasaan seperti membaca buku bahasa Inggris sambil berbicara tidak dalam hati, menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan podcast dan siaran radio bahkan menulis dalam bahasa Inggris. Ada hal yang lebih sederhana, yaitu mengubah pengaturan ponsel ke bahasa Inggris.

Kebiasaan yang dilakukan mungkin tidak serta merta membuat kita berlatih berbicara, tetapi akan membuat kita terbiasa. Cara lain yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan komunitas dengan bahasa Inggris. Dengan komunitas, Anda akan lebih mudah belajar dan memahami bahasa dengan baik.

Temukan mitra bicara yang cocok untuk Anda

Dari komunitas, kamu akan lebih mudah menemukan teman yang cocok untuk diajak bicara. Menjadi penting untuk melatih secara langsung. Namun, jika Anda belum bisa menemukan teman yang merupakan native speaker, tidak masalah.

Anda dapat berlatih dengan teman-teman non-pribumi sehingga Anda dapat belajar bersama. Satu hal yang perlu diingat, bahasa adalah sesuatu yang harus dilakukan secara teratur agar tidak mudah dilupakan, jadi sering-seringlah menggunakannya. (PRD/ian)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *