Tuntut Kades Mundur, Puluhan Warga Demo di Balai Desa Kuwolu Malang

Malang (TintaSantri.com) – Puluhan warga berdemonstrasi di Kantor Balai Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Kamis (28/7/2022). Hingga malam tiba, warga sekitar juga menyegel balai desa. Aksi massa menuntut Kepala Desa Kuwolu, Barudin, mundur dari jabatannya.

Warga marah setelah kepala desa Kuwolu memecat lima aparat desa tanpa alasan. Lima aparat desa yang dipecat, yakni, Lukman Hakim, Nur Hadil Makruf Kaur Sejahtera, Siti, Bendahara Pemerintah dan Wasis Kaur.

Mereka diberhentikan dua minggu lalu tanpa surat keterangan dari kepala desa. Dalam melakukan aksinya, masyarakat membentangkan dua spanduk bertuliskan “Balai Desa Kuwolu Ditutup Warga dan Diturunkan Kepala Desa”. Saat warga menyampaikan aspirasinya, aparat TNI dan Polri menjaga Balai Desa Kuwolu.

“Kami bersama masyarakat di sini menuntut kejelasan mengapa keempat perangkat ini ditembakkan,” kata Lukman Nur Hakim, Kamis 28/7/2022).

Lukman menjelaskan, selain memberhentikan empat perangkat desa, kepala desa juga melibatkan tim sukses masuk pengelolaan desa. “Kami mempertanyakan seperti apa Soni di desa. Karena mengatur pemerintahan desa dan mengancam salah satu aparaturnya,” kata Lukman.

Lukman melanjutkan, sebelumnya Kepala Desa Kuwolu Bululawang juga diduga menyelewengkan Tanah Kas Desa. “Ini rangkaian permasalahan dengan Tanah Kas Desa Soko Dayo sebelumnya,” ujarnya.

Hingga berita ini ditulis, warga masih bertahan dan berdemonstrasi di Balai Desa Kuwolu, Bululawang. Warga pun berteriak meminta kepala desa keluar dari balai desa. (jika Kapan)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *