Turun Ke Jalan, Pelajar di Surabaya Kampanyekan Stop Kekerasan pada Anak

Surabaya (TintaSantri.com) – Siswa SD/SMP Negeri dan Swasta di Kota Surabaya mengikuti peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022, dengan menggelar Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak di beberapa titik di Kota Pahlawan.

Para mahasiswa membentangkan spanduk dan memberikan orasi kepada para pengguna jalan. Mereka juga membagikan selebaran hingga stiker tentang hak-hak anak dan ajakan untuk menghentikan kekerasan terhadap anak.

Lokasi kegiatan Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak dilaksanakan di Jembatan Kedung Baruk Surabaya dan TK Bratang depan Polsek/Kelurahan Baratajaya, depan Maspion Square (Jalan Depan), depan Museum Bank Indonesia dan Taman Bungkul, di depan Jembatan Plaza Merah ( JMP) atau Taman Sejarah, dan Jalan Tegalsari di depan Taman Pasopati dan Taman Apsari.

Anggota Organisasi Pelajar (Orpes) Surabaya Zidny Mazaya mengatakan Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak merupakan kerjasama antara SD/SMP negeri dan swasta se-Kota Surabaya. Kegiatan ini juga digagas oleh Forum Anak Surabaya (FAS), Organisasi Mahasiswa (Orpes) Surabaya dan didampingi oleh mahasiswa dari BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Kota Surabaya.

“Kami sudah mempersiapkan sejak Kamis (21/7/2022) untuk menggelar rapat koordinasi. Kemarin kami melakukan persiapan dengan divisi masing-masing. Seperti rapat dengan BEM FKM Unair dan Forum Anak Surabaya (FAS), mengenai koordinasi kegiatan hari ini,” kata Zidny Mazaya saat ditemui di Taman Apsari, Kota Surabaya, Rabu (27/7/2022).

Siswa SMP Negeri 19 Kota Surabaya ini berharap pada Puncak Peringatan HAN 2022 dan dengan diadakannya Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak dapat mempermudah masyarakat untuk memahami hak dan kewajiban anak, dan tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap anak. “Kami membagikan kertas (leaflet) dan stiker kepada masyarakat, agar mereka bisa membaca dan memahami bahwa orang tua tidak boleh kasar kepada anak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama 1.200 mahasiswa Kota Pahlawan merayakan Puncak Festival Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di kompleks Balai Pemuda Kota Surabaya. Kegiatan ini diisi dengan penampilan siswa SD/SMP negeri dan swasta, pameran produk UMKM, hingga penampilan storytelling dari Walikota Surabaya Eri Cahyadi. [asg/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *