Unik, Universitas Muhammadiyah Malang Kini Punya UKM Golf

Malang (TintaSantri.com) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meluncurkan UKM Golf pada Sabtu (23/7/2022) kemarin di Lapangan Terbang Abdurahman Saleh, Malang. UKM unik ini mengikuti UKM Dirgantara Biru Flying Club yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Peluncuran ditandai dengan penyerahan stik golf dari Rektor UMM Fauzan, dan Pangdam Abd Saleh Marsma TNI Zulfahmi, kepada dua perwakilan UKM Golf UMM. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian UMM memeriahkan Turnamen Golf Lapangan Terbang Abd Saleh dalam rangka HUT Skuadron Udara 32 dan Skuadron Teknik 022.

Zulfahmi menganggap golf adalah olahraga yang lengkap. Tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga sebagai sarana hiburan. Bahkan dengan memperluas jaringan dan hubungan kerja yang telah terjalin.

“Jadi golf bukan sekedar olahraga, tapi bisa mendapatkan banyak manfaat. Semoga turnamen golf ini bisa terus digelar sehingga silaturahmi antara peserta, panitia, dan warga Malang bisa terjalin,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UMM Fauzan menjelaskan, sebelumnya UKM Golf, UMM dan Lanud Abd Saleh juga pernah bekerjasama di bidang dirgantara dengan launching Blue UKM Flying Club. Dari kedua kegiatan tersebut diharapkan akan muncul pemimpin-pemimpin yang handal dari kedua sektor terkait.

Menurutnya, UMM mendorong dua kemampuan bagi mahasiswa UMM melalui UKM ini. Pertama, yaitu kompetensi akademik yang diperoleh melalui perkuliahan yang dilakukan. Kemudian yang kedua adalah keterampilan kepemimpinan.

“Kemampuan kepemimpinan ini bisa didapatkan dari berbagai organisasi yang telah diberikan UMM. Salah satunya melalui UKM Golf yang baru diluncurkan hari ini,” imbuhnya.

UKM Golf UMM

Menurutnya, tidak mungkin menghasilkan pemimpin dari satu pintu saja. Harus ada pintu lain untuk pemimpin yang lebih baik. Kalaupun ingin memenangkan persaingan dengan sumber daya manusia dari negara lain, kemampuan kepemimpinan adalah salah satu hal yang utama.

“Kegiatan ini merupakan komitmen bersama UMM-Bandara Abd Saleh untuk membentuk generasi yang disiplin, tangguh, dan bertanggung jawab khususnya di bidang golf. Apalagi melihat masih jarangnya atlet golf muda yang lahir dari kampus. Nantinya, lapangan golf ini juga akan menjadi basecamp pelatihan golf mahasiswa UMM. Bahkan dengan proses pelatihan dan pembinaan yang diberikan oleh pelatih dari Lanud,” kata Fauzan.

Sementara itu, Ketua UKM Golf UMM Akbar Cahya Krisdana mengatakan, antusiasme mahasiswa untuk bergabung sangat tinggi. Ada 100 siswa yang mendaftar dan mengikuti seleksi. Beberapa dari mereka berhasil lulus ujian dan menjadi anggota.

“Kami juga rutin berlatih satu atau dua kali seminggu. Beruntung UMM selalu mengakomodir setiap potensi mahasiswa, seperti membentuk UKM Golf ini,” ujarnya.

Kedepannya, pihaknya ingin menggelar fun games dengan mengundang komunitas dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat akan dirancang turnamen golf pelajar tingkat nasional.

“Kami berharap UKM Golf UMM dapat mencetak atlet-atlet dengan skill mumpuni. Sehingga bisa mewakili UMM bahkan kampung halamannya untuk berlaga di kompetisi bergengsi. Baik di tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya. (lu/td)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *