Wacana Ganjar-Airlangga, Komunikasi KIB ke PDIP Sebaiknya Dimulai Sejak Dini

Jakarta (TintaSantri.com) – Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Aisah Putri Budiatri mengungkapkan, ada peluang komunikasi antar partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan PDIP. Itu didasarkan pada hubungan baik mereka saat ini.

Menurutnya, partai akan selalu mencari peluang untuk menang dalam pemilu. Jika bekerja sama dengan partai lain akan meningkatkan peluang memenangkan pemilu, maka koalisi juga dimungkinkan.

“Peluang untuk koalisi partai tentu saja mungkin. Apalagi saat ini kita melihat hubungan antara partai-partai di KIB dan PDIP juga baik. dan tidak ada rekam jejak yang sangat frontal, dalam konteks PAN di bawah Zulhas,” kata peneliti yang akrab disapa Puput, Jumat (22/7/2022).

Sebelumnya, Roots of Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis hasil survei opini publik bertajuk Titik Tengah Demokrasi Indonesia Menuju Pemilu 2024. Survei tersebut menemukan potensi elektabilitas figur calon berdasarkan simulasi tiga pasangan calon presiden atau wakil presiden. Hasil simulasi menunjukkan pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo mengalahkan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani-Anies Baswedan.

Puput mengungkapkan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memiliki potensi kuat untuk maju dalam Pilpres 2024. Airlangga dinilai memiliki modal politik yang cukup kuat sehingga yang dibutuhkan selanjutnya adalah memilih pasangan yang tepat untuk bersaing di kontestasi 2024. Termasuk Ganjar Pranowo.

“Melihat peluang satu per satu, saya menduga Airlangga memiliki potensi yang kuat untuk maju karena saat ini memiliki kekuatan politik dengan koalisi partainya, jadi strategi politik saat ini lebih kepada memilih pasangan yang tepat. Dan tentunya Airlangga akan membidik. kandidat populer di ranah publik, termasuk Ganjar,” katanya.

Puput menambahkan, posisi Ganjar Pranowo saat ini menunggu antara kepastian pencalonan dari PDIP dan menunggu lamaran dari pihak lain. Ganjar diuntungkan dengan popularitas dan elektabilitas yang baik. Di sisi lain, Ganjar masih membutuhkan dukungan dari partai politik.

“Ganjar sebagai individu akan menjadi kandidat yang unggul karena dia secara konsisten populer di mata publik, tetapi posisinya akan sulit jika dia gagal memenangkan dukungan partai,” tambahnya.

Menurutnya, Airlangga dan Ganjar bisa saling melengkapi. Itu membuat pasangan sangat potensial. Airlangga dengan kekuatan parpol, sedangkan Ganjar dengan modal popularitas. Namun, Puput menggarisbawahi bahwa segala kemungkinan masih bisa terjadi, mengingat Pilpres 2024 masih jauh. “Namun, tentu belum bisa dipastikan saat ini karena jalan pencalonan masih panjang,” ujarnya.

Optimis Golkar
DPP Partai Golkar secara konsisten mengajukan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. Ada berbagai survei yang ‘mencocokkan’ Airlangga dengan sejumlah nama, namun semuanya dianggap sebagai proses. Tapi sampai sekarang Airlangga, ‘tidak ada pendamping.

“Kami masih konsisten menjadikan Pak Airlangga sebagai capres, dan kami belum memilikinya, kami tidak melihat calon di luar Pak Airlangga sebagai capres,” kata Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily.

Sebelumnya, berdasarkan survei opini publik yang dilakukan Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), mereka mensimulasikan pasangan calon Airlangga dan Ganjar Pranowo. Pasangan ini berhasil mendapat skor tinggi, dan disukai oleh responden. “Jika hasil survei masih sangat dinamis, tentu kami tidak akan mengubah pikiran dan rencana kami untuk menjadikan Pak Airlangga sebagai calon presiden,” kata Ace.

Ia menambahkan, Pilkada 2024 masih beberapa waktu lagi. Dinamika politik terus berkembang. Yang perlu dipastikan elit di Partai Golkar adalah meningkatkan elektabilitas Ketum Airlangga. “Apa yang terjadi dengan survei hari ini belum tentu mencerminkan apa yang akan terjadi dalam dua tahun ke depan, kita perlu bekerja untuk memastikan elektabilitas Pak Airlangga lebih tinggi,” pungkas Ace. [hen/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *