Wali Kota Impikan Muncul Lagu Easy Listening Ciptaan dari Generasi Muda Kediri

Kediri (TintaSantri.com) -Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, grand final Lomba Paduan Suara Kediri, Jumat (29/7/2022) di Lotus Garden Ballroom. Lomba ini merupakan rangkaian HUT Kota Kediri ke-1143. Dalam kesempatan itu, ia berharap akan banyak lagu easy listening dari Kota Kediri, terutama lagu-lagu ciptaan generasi muda.

“Kita bisa berlatih paduan suara ini bersama-sama untuk menghasilkan suara yang indah. Tantangan kami di sini bukanlah menciptakan lagu yang easy listening. Semoga dari sini bisa muncul lagu-lagu dari generasi muda,” ujarnya.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, grand final Lomba Paduan Suara Kediri, Jumat (29/7/2022) di Lotus Garden Ballroom.

Pemerintah Kota Kediri mendukung kompetisi seperti Lomba Paduan Suara. Acara semacam ini dapat menumbuhkan daya saing generasi muda. Selain itu juga dapat menjadi peluang untuk mencari bakat-bakat berbakat di Kota Kediri.

“Ini memang acara yang keren. Kita lihat saja bagaimana chorus ini berubah menjadi lebih menarik. Kedepannya kita harus berkolaborasi dengan pihak lain agar acara seperti ini bisa lebih besar dan keren,” ujarnya.

Abdullah Abu Bakar juga menambahkan tentang bisnis Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang juga ada di dunia musik. IP Right sendiri sudah menjadi mata uang di era ekonomi kreatif. Selain mendorong masyarakat untuk terus berkarya dan berinovasi, HKI juga mampu menggerakkan dan memberi nilai tambah bagi perekonomian.

“Saya berharap generasi muda memahami hal ini. Karena saya melihat bisnis HKI sangat menarik dan hak cipta ini sangat dilindungi. Sudah banyak contoh lagu yang diciptakan dari daerah yang sukses. Di Kediri ada Nurbayan dan di Jawa Timur kita bisa lihat ada Denny Caknan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Zachrie Ahmad menjelaskan, total ada 14 kelompok yang mengikuti kegiatan ini. Kemudian dipilih juri melalui video yang dikirimkan dan dipilih 6 grup untuk tampil di grand final ini. Di babak grand final, masing-masing grup membawakan dua lagu, yakni lagu wajib dari Kota Kediri dan lagu gratis.

“Kompetisi paduan suara ini di tingkat umum, tepatnya di tingkat SMA ke atas. Ada yang spesial untuk pemenang ini. Artinya, akan kita tampilkan pada resepsi peringatan HUT RI di Pemkot Kediri,” jelasnya.

Dalam ajang ini, mereka keluar sebagai juara satu kelompok Tembang Kinasih, juara dua RS Baptis Stikes, dan juara tiga paduan suara SMAN 2 Kediri. Untuk juara pertama SMAN 1 Kediri, harapan kedua untuk Gita Suara Kediri, harapan ketiga untuk PSM Umi Kulsum. Turut hadir guru musik dan paduan suara, serta tamu undangan lainnya. [nm/ted].


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *