Wali Kota Kediri: Kurikulum Merdeka Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kediri (TintaSantri.com) – Kota Kediri memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya melalui Kurikulum Mandiri untuk meningkatkan pendidikan di kota Kediri.

Hal itu diungkapkan Walikota Kediri saat membuka Workshop Implementasi Kurikulum Mandiri bagi guru SD dan SMP, Senin (25/7/2022) di Kampus IV UNP. Workshop ini diikuti oleh kepala sekolah serta guru SD dan SMP se-Kediri.

“Kami yang pertama menandatangani MoU dengan Kemendikbud pada tahun 2020 tentang Kebebasan Belajar. Kami juga pemerintah daerah pertama yang melakukan Magang Mandiri. Artinya, kami memiliki komitmen besar untuk meningkatkan pendidikan di Kota Kediri,” ujarnya.

Abdullah Abu Bakar menjelaskan meningkatkan Mutu pendidikan harus dilaksanakan untuk menghasilkan generasi yang unggul, alim, alim, dan berdaya saing.

Generasi di kota Kediri harus siap untuk mampu bersaing dengan perubahan yang terjadi. Apalagi di Kediri Raya telah terjadi pembangunan yang masif dengan adanya bandara dan jalan tol.

“Kota Kediri memang kota kecil, hanya 67 km². Tapi kita bisa mengisinya dengan pendidikan yang berkualitas. Kalau pendidikan kita biasa-biasa saja, kita tidak bisa mengikuti perkembangan saat ini,” ujarnya.

Melalui bengkel Dalam hal ini Wali Kota Kediri berharap para pendidik juga bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia pendidikan.

Saat ini, tantangan dalam dunia pendidikan juga semakin beragam. Pendidik harus memiliki kepedulian terhadap anak didiknya. Komunikasi dua arah harus dibangun untuk mengetahui apa yang diinginkan siswa.

“Anak-anak ini bisa dengan mudah belajar apa saja. Kita harus mengarahkan dan mendidik anak-anak ini dengan baik. Jangan kalah dengan guru senior yang bisa mencetak orang-orang top,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UNP Kediri Zainal Afandi mengatakan UNP memiliki tujuan yang sama dengan Pemkot Kediri untuk memajukan SDM di Kota Kediri. Salah satunya adalah kerjasama pelaksanaan Workshop Implementasi Kurikulum Mandiri ini.

“Terima kasih atas kerjasama yang telah kita lakukan. Kami berharap kedepannya kerjasama ini dapat ditingkatkan dan diperluas,” ujarnya.

Setelah dibuka bengkelWalikota Kediri juga mengunjungi stand menunjukkan kasus dari sekolah mengemudi. Turut mendampingi Walikota Kediri, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Ibnu Qoyyim dan civitas akademika UNP Kediri. [nm/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *