Wali Kota Kediri Pecat Oknum Guru Pelaku Pencabulan ke 8 Anak

Kediri (TintaSantri.com) – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menindak tegas dengan memecat seorang guru SD yang tertangkap tangan dalam kasus dugaan pencabulan delapan anak di Kota Kediri. Pemberhentian akan dilakukan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Abu Bakar mengungkapkan, proses internal Pemkot Kediri sudah dimulai sejak tiga pekan lalu. “Saya sudah perintahkan Inspektorat untuk memprosesnya secara intensif,” kata Abu Bakar (21/7/2022).

Tak hanya pemecatan, Abu Bakar juga mendukung agar kasus ini diproses di ranah hukum. Pasalnya, pelecehan seksual terhadap anak telah melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Saya yakin pihak yang berwajib dalam kasus ini Polri sejalan dengan kita. Mari kita dukung kasus ini agar diproses secara hukum,” tambah Abu Bakar.

Dalam menangani kasus ini, Pemerintah Kota Kediri membentuk tim yang terdiri dari Inspektorat, Badan Pengembangan Personalia dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Pendidikan, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana ( DP3AP2KB).

Abu Bakar mengajak semua pihak untuk berempati dengan melindungi identitas korban. Sehingga para korban tidak mengalami dampak psikologis dan sosial yang lebih parah.

Sebelumnya, oknum guru SD di Kota Kediri mencabuli delapan siswanya yang duduk di kelas VI. Perbuatan cabul itu dilakukan pada saat jam pelajaran di sekolah.

Kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan. Orang tua setuju untuk tidak membawa kasus ini ke pengadilan dengan syarat guru tersebut dipindahkan. [nm/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *