5 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, yang Cocok ditonton Pada 17 Agustus

5 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, yang Cocok ditonton Pada 17 Agustus

Surabaya (TintaSantri.com) – Agustus selalu menjadi bulan yang istimewa, karena kita akan merayakan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Tidak hanya identik dengan upacara bendera, atau berbagai lomba yang diadakan di desa untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Ternyata, bulan ini juga menjadi inspirasi bagi industri film, dalam mengangkat sejarah kemerdekaan Indonesia melalui sebuah film.

Nah, ini dia 5 rekomendasi film bertema perjuangan sineas Indonesia yang wajib kamu tonton.

1. Janur Kuning (1979)

Film yang berjudul Janur Kuning ini menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam merebut kembali kemerdekaannya yang direbut oleh pasukan sekutu. Dalam cerita film ini, tokoh utama adalah seorang perwira muda, Letnan Kolonel Suharto, yang meyakinkan Jenderal Sudirman untuk kembali ke Yogyakarta.

2. Tjoet Nja Dhien (1988)

Film Tjoet Nja Dhien yang diproduksi tahun 1988 ini berhasil meraih Piala Citra sebagai film terbaik saat itu. Bahkan film yang berkisah tentang perjuangan seorang perempuan asal Aceh ini direstorasi di Belanda dan kembali ditayangkan di bioskop.

3. Doea Tanda Mata (1985)

Sebelum menggarap film Doea Tanda Mata, tim produksi sempat melakukan penelitian lebih mendalam untuk mendapatkan informasi terkait kehidupan dan kegiatan di Akademi Militer (AKMIL) Magelang. Karena film ini bercerita tentang dua perwira yang bertarung bersama namun memiliki latar belakang yang berbeda.

4. Pertempuran Surabaya (2015)

Film perang yang mengambil latar belakang perlawanan rakyat terhadap penjajah di Surabaya pada 10 November 1945 ini berbeda dengan kebanyakan film sejarah lainnya, karena film ini disajikan dalam bentuk animasi.

Meski diproduksi dalam bentuk animasi, film yang disutradarai oleh MSV Picture yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan ini telah memenangkan berbagai penghargaan film ternama, lho. Sebut saja seperti International Film Festival 2017, Best Animation di Berlin International Film Festival 2017, Best Animation di Nice International Film Festival 2017, dan masih banyak lagi.

5. Kadet 1947 (2021)

Rekomendasi film kolonial selanjutnya, diambil dari kisah nyata. Menceritakan tentang mahasiswa penerbangan Angkatan Udara Maguwo yaitu Sigit, Mul, Har, dan Ajdi yang berambisi membantu tentara Indonesia melawan Belanda.

Pasalnya, Belanda melakukan Agresi Militer Pertama ke Sumatera dan Jawa, setelah melanggar kesepakatan Linggarjati tentang kemerdekaan Indonesia.

Itulah 5 rekomendasi film bertema Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton sendiri, atau bersama pasangan atau keluarga. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *