84 Kades Kabupaten Sidoarjo Mengikuti Pelatihan untuk Meningkatkan Kapabilitas

84 Kades Kabupaten Sidoarjo Mengikuti Pelatihan untuk Meningkatkan Kapabilitas

Sidoarjo || TintaSantri.com – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas PMD menggelar bantuan teknis bagi kepala desa di Kabupaten Sidoaro, Senin (29/8/2022) di Singhasari Resort Batu, Malang. Bintek ini merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat kapasitas kepala desa.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang membuka kegiatan Bintek memberikan apresiasi positif. Kegiatan Bintek ini tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi penguatan dan kapabilitas bagi Kepala Desa.

“Dunia selalu berubah dan tantangan selalu ada, dan setiap orang di dalamnya harus bertahan. Ada dua tantangan, yaitu tantangan internal dan eksternal,” jelasnya.

Masih menurut Muhdlor, tantangan internal ini adalah bagaimana mengkonsolidasikan setiap elemen di daerah (RT, RW, BPD dan sebagainya). Tantangan eksternal ini sulit, karena dunia kini semakin dinamis, era digitalisasi dimana-mana, dan masyarakat cenderung lebih kritis.

Namun, tantangan eksternal ini memaksa kami untuk menambah kapasitas apapun yang terjadi sesuai dengan undang-undang atau peraturan pemerintah.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sidoarjo, Mulyawan mengatakan, pemerintah desa merupakan unit terdepan dalam sistem pemerintahan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk menghadapi tuntutan dan tantangan ke depan terkait penyelenggaraan pemerintahan desa, perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan desa secara terencana, berkesinambungan, terstruktur dan dievaluasi secara berkala,” lanjutnya.

Penyelenggaraan pemerintahan di desa dapat menempatkan secara proporsional tugas, kewajiban dan wewenang yang dimiliki dalam suatu kesatuan sistem penyelenggaraan pemerintahan. Sudah menjadi urusan wajib bagi pemerintah daerah dalam membina aparat desa.

Peserta pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari, 29-31 Agustus ini diikuti oleh 84 kepala desa yang baru dilantik

Wartawan : Sulton

Penerbit : Ika

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *