Alasan Huruf “K” Menjadi Pengganti Kata “Ribu”, Ternyata Begini Sejarahnya

Alasan Huruf “K” Menjadi Pengganti Kata “Ribu”, Ternyata Begini Sejarahnya

Surabaya (TintaSantri.com) – Kita pasti pernah melihat pada daftar harga menggunakan tulisan satuan dengan huruf ‘K’ saat berbelanja. Misalnya, ketika Anda membeli kopi di sebuah kafe, Anda akan sering menemukan harga tertulis 20K. Selain itu, kemungkinan lain adalah saat membeli makanan dengan unit ‘K’ di daftar menu.

Oleh karena itu, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan huruf ‘K’ pada menu restoran atau barang kebutuhan sehari-hari seperti 10K, 200K, 50K. Namun, pernahkah Anda bertanya mengapa menggunakan huruf ‘K’ bukan ribu untuk penyebutan harga atau jumlah?

Sebenarnya dari halaman Merriam-Webster tertulis bahwa satuan ‘K’ adalah singkatan dari kilo. Kilo adalah ukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d’unités). Biasanya ini berguna untuk mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Kemudian untuk mengukur berat, 1 kilogram berarti 1.000 gram.

Jadi kata kilo berasal dari kata Yunani ‘chilioi’ yang berarti ribuan atau menunjukkan bentuk banyak atau jamak. Penggunaan ‘K’ sebagai singkatan dalam penyebutan seribu telah digunakan sejak pertengahan tahun 1940-an.

Penggunaan istilah ini pertama kali digunakan oleh kelompok riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik Prancis pada tahun 1979. Sistem perhitungan ini semakin banyak digunakan sampai sekarang kita temukan pada harga barang hingga jumlah barang. pengikut akun media sosial.

Penggunaan huruf K dalam menyatakan ribuan memberikan banyak keuntungan mulai dari mempersingkat tulisan hingga menghemat tempat. Berikut contoh penggunaan huruf K untuk menyingkat angka besar agar angka nol tidak terlalu banyak.

1K = 1.000

10K = 10.000

100K = 100.000

1000K = 1.000.000

Di bidang teknologi, penggunaan huruf “K” tidak hanya digunakan untuk menunjukkan harga, tetapi satuan dalam teknologi seperti resolusi 4K. Biasanya satuan yang digunakan dalam resolusi adalah piksel.

Saat ini resolusi tertinggi adalah 3.840 x 2.160 yang berarti diagonal 3.840 piksel dan tinggi 2.160 piksel. Oleh karena itu, orang IT membulatkan angka 3.840 menjadi 4.000 sehingga muncul istilah 4K. (PRD/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *