Apa Itu Penyakit Cacar Monyet? Berikut Gejala dan Cara Mencegahnya

Apa Itu Penyakit Cacar Monyet? Berikut Gejala dan Cara Mencegahnya

Surabaya (TintaSantri.com) – Mungkin sebagian orang lebih familiar dengan istilah cacar air. Namun, pada pertengahan tahun 2022, marak dengan munculnya penyakit cacar monyet. Tak ayal jika banyak yang bertanya tentang apa itu monkeypox sebenarnya?

Pada dasarnya, monkeypox adalah infeksi yang disebabkan oleh virus monkeypox dari kelompok orthopoxvirus. Dimana virus ini pertama kali ditemukan pada sekelompok kera yang dipelihara untuk penelitian pada tahun 1985-an.

Itu sebabnya kemudian disebut cacar monyet. Meski begitu, sebenarnya kondisi ini juga bisa ditemukan pada hewan lain, seperti tikus dan tupai.

Memasuki tahun 70-an, virus ini pertama kali diketahui menular ke manusia. Maka untuk mewaspadainya, tentunya masyarakat perlu mengetahui apa saja gejalanya.

Meski pada dasarnya gejala awalnya mirip dengan cacar air. Seperti demam, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Memasuki hari pertama hingga ketiga setelah demam, biasanya muncul ruam merah baru di wajah. Kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Seiring waktu, ruam berubah menjadi pustula berisi nanah.

Memasuki minggu kedua hingga keempat, biasanya kondisi ini akan membaik kembali. Namun, untuk memastikan tidak menjadi komplikasi dan tidak merugikan orang lain, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Maka untuk mencegah diri Anda terkena cacar monyet, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini;

Pertama, hindari kontak langsung dengan penderita monkeypox dan hewan pembawa virus. Ini adalah cara paling dasar yang bisa dilakukan untuk memutus mata rantai penyakit.

Kedua, cuci tangan Anda lebih teratur dengan air dan shabu. Mencuci tangan diyakini penting sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas. Apalagi tangan lebih rentan terkena bakteri dan virus.

Ketiga, tidak berbagi penggunaan alat makan. Alat makan tidak disarankan untuk digunakan secara bergantian karena memudahkan seseorang tertular virus, salah satunya adalah monkeypox.

Keempat, untuk menghindari terjadinya monkeypox, masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan kontak langsung dengan satwa liar, apalagi mengkonsumsinya.

Kelima, pastikan kembali jika ingin memasak makanan sendiri. Mulai dari pemilihan bahan yang baik hingga cara memasak yang benar. (fyi/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *