Apa Sih Kriteria Laptop Yang Cocok Untuk Pekerja Kantoran?

Berapa Kapasitas RAM Yang Ideal?

Untuk kapasitas RAM, saya sarankan carilah laptop dengan RAM minimal berkapasitas 4GB atau 8GB. Karena kalau kapasitasnya cuma 2GB, rasa-rasanya sudah terlalu sesak untuk saat ini. Bahkan faktanya, laptop dengan RAM 4GB pun sebenarnya sudah sangat mepet jika menggunakan sistem operasi Windows 10. Silakan baca soal fungsi RAM pada laptop dan smartphone jika kamu belum paham soal kegunaannya.

Perlu diingat bahwa spesifikasi CPU dan RAM dengan kapasitas 4GB hingga 8GB tersebut hanya akan sanggup untuk penggunaan ringan saja. Dalam arti, itu semua akan cukup jika kita tidak perlu untuk membuka sebuah file Excell yang punya ukuran sekitar 1GB.

Pilihan Penyimpanan Yang Ideal

Soal kapasitas penyimpanan, silakan disesuaikan dengan kebutuhan. Saran saya, usahakan untuk mencari laptop yang sudah menggunakan SSD (bukan HDD) sebagai penyimpanannya. Karena pengaruhnya pada performa akan sangat signifikan. Penjelasannya sudah pernah saya bahas pada tulisan tentang perbandingan antara HDD vs SSD. Kamu bisa dengan mudah menemukan laptop jenis ini pada semua brand laptop.

Ultrabook Kelas Premium

Jika kamu sangat sering melakukan aktivitas pekerjaan diluar kantor, hingga hampir tak punya waktu untuk melakukan charging laptopmu, maka laptop jenis Ultrabook di kelas Premium adalah yang paling cocok untukmu.

Perlu diketahui bahwa Ultrabook sendiri punya beberapa kategori pembeda. Yaitu Ultrabook di kelas mainstream, dan juga Ultrabook di kelas premium. Di tahun 2022 ini, rata-rata laptop baru yang beredar di pasaran sudah masuk dalam kategori Ultrabook.

Yang membedakan adalah, ultrabook kelas premium akan memiliki bobot yang lebih ringan, lebih kecil, dan biasanya akan memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Dan tentu saja, harganya juga lebih mahal. Saya sudah pernah menjelaskan tentang berbagai keistimewaan ultrabook premium dibanding ultrabook biasa pada tulisan berjudul apa bedanya laptop murah vs laptop mahal.

Ultrabook jenis ini umumnya memiliki penyimpanan berjenis SSD dengan kapasitas mulai 512GB, hingga 1TB. Harga dari laptop jenis ini pun umumnya berada di kisaran 13 jutaan hingga 20 juta (atau lebih, tergantung kurs dollar dll). Ultrabook paling populer untuk jenis ini adalah ASUS Zenbook series dan juga Acer Swift series. Atau, kamu yang sudah bosan dengan OS Windows, bisa juga memilih Apple MacBook Air (generasi terbaru).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *