Beras Bansos Membusuk, Aparat Diminta Lakukan Penyelidikan

Beras Bansos Membusuk, Aparat Diminta Lakukan Penyelidikan

Jakarta (TintaSantri.com) – Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinasi Kesejahteraan Rakyat Abdul Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait temuan puluhan karung beras bansos di 2020 untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Tirtajaya, Sukmajaya, Depok yang dikubur hingga membusuk. .

Selain itu, Cak Imin juga meminta agar dilakukan penelusuran terkait mekanisme penyaluran bantuan.

“Temuan beras bansos yang busuk harus dievaluasi secara menyeluruh. Sebab hal ini menunjukkan tata cara penyaluran bansos tidak sesuai dengan ketentuan sehingga berdampak pada masyarakat tidak mendapatkan bansos yang menjadi haknya,” kata Cak Imin, Selasa (2/8/2022). ).

Ia mendorong Kemensos bersama Polri untuk terus mengusut temuan puluhan karung beras yang menumpuk hingga membusuk, serta memberikan sanksi kepada mereka yang kemudian terbukti lalai atau telah melakukan pelanggaran. pelanggaran.

“Kementerian Sosial harus menginformasikan kepada masyarakat tentang mekanisme pencairan atau penggantian bansos apabila bansos tersebut rusak atau tidak layak untuk diberikan kepada penerima bansos sehingga ke depan mekanisme yang sesuai dapat dilakukan untuk mengatasi bantuan sosial yang rusak atau tidak sesuai,” katanya.

Menyusul temuan kasus ini, kata Gus Muhaimin, ke depan Kemensos harus meningkatkan pengawasan terhadap penyaluran bansos, baik tunai maupun nontunai agar bansos dapat tersalurkan tepat sasaran dan sesuai jumlah. atau nominal yang telah ditentukan. (ayam/ted)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *