Bupati Kebumen Resmikan Jalan Giritirto-Banjarnegara, Yang 12 Tahun Terbengkalai

Bupati Kebumen Resmikan Jalan Giritirto-Banjarnegara, Yang 12 Tahun Terbengkalai

Peresmian Jalan Lokidang-Banjarnegara di Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen (foto: istimewa)

KEBUMEN || TintaSantri.com – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta Forkompimdanya meresmikan ruas jalan Lokidang-Banjarnegara di Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen pada Jumat 5 Agustus 2022.

Ruas jalan beton sepanjang 2016 meter ini dibangun menggunakan dana bantuan provinsi dengan waktu pembangunan empat bulan dan kini sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Bupati menyatakan bahwa pembangunan jalan tersebut merupakan implementasi dari program unggulan Bupati yaitu: Rempah segar (jalan mulus menggerakkan perekonomian). Dimana 12 tahun jalan ini rusak, dan baru dibangun kembali.

“Alhamdulillah setelah 12 tahun terbengkalai, kini telah dibangun jalan Lokidang-Banjarnegara di Desa Giritirto, ini merupakan implementasi dari Rempah segar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Dengan cara ini, diharapkan dapat membuka jalan akses balik antar kabupaten sehingga orang dapat bekerja lebih mudah. Sekaligus dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Bupati meminta masyarakat untuk menjaga jalan ini, dan meminta untuk tidak melewati truk dengan muatan berat atau kelebihan muatan seperti pasir, batu, dan kayu.

“Masyarakat di sini harus menjaga jalan ini agar bisa langgeng, makanya saya minta kepada masyarakat dan kepala desa untuk mengawasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menyatakan, jalan yang dibangun dengan dana sekitar Rp. 7 Milyar, sebenarnya digunakan oleh masyarakat kabupaten lain untuk mencari sumber daya alam di sisi Kebumen Utara, baik pasir, kayu atau batu.

Sehingga Bupati mengatakan, masyarakat setempat tidak mendapatkan apa-apa. Pengerukan sumber daya alam secara ilegal juga dilarang. Apalagi jika kekayaan alam di Kebumen dikeruk.

“Masyarakat Kebumen harusnya bisa lebih berperan di sini, silakan pakai ini, orang bisa berdagang ke Banjarnegara, tapi keuntungannya harus dibawa kembali ke Kebumen, untuk kemajuan daerah,” ujarnya.

Demi keamanan dan kenyamanan masyarakat, nantinya jalan ini juga akan diberi penerangan. “Untuk ruas jalan lain di sisi utara yang masih rusak akan kita bangun secepatnya,” ujarnya.

Sementara itu, warga Giritirto, Sukiyem mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukurnya dengan dibangunnya jalan Lokidang-Banjarnegara. Dikatakannya, jalan ini sebelumnya rusak parah dan dipenuhi lubang dan lumpur.

“Saya merasa sangat senang, terima kasih kepada pemerintah karena sudah hampir 12 tahun jalan ini rusak parah, hanya tanah dan batu. Kalau musim hujan jadi becek, becek, susah dilintasi dan membahayakan warga,” kata Sukiyem.

Diakuinya, jalan ini rusak karena sering dilintasi truk-truk besar dari Banjarnegara yang mengangkut pasir dan kayu. “Ya saya setuju sekali agar tidak cepat rusak,” ujarnya.

Usai meresmikan jalan tersebut, Bupati dan rombongan Forkompimda melaksanakan salat Jumat di masjid setempat, dan Bupati pada kesempatan itu menjadi khatib salat Jumat.

Reporter: Fandy

Editor: Saya memasukkannya

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *