Cara Membuat Resume Kerja yang Sesuai Kriteria HRD

Cara Membuat Resume Kerja yang Sesuai Kriteria HRD

Membuat resume pekerjaan sangat penting saat mencari pekerjaan. Namun, resume yang menarik belum tentu sesuai dengan kriteria HRD atau perekrut di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, Anda tetap harus mengetahui cara membuat resume kerja yang sesuai dengan kriteria HRD.

Secara singkat resume dapat diartikan sebagai Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup. Resume ini merupakan persyaratan yang sangat penting ketika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Informasi resume dan CV berkualitas dari berbagai bidang pekerjaan bisa langsung klik link berikut https://cvmenarik.com/

Isi resume pekerjaan ini adalah informasi pribadi dari pencari kerja. Dari yang paling umum, seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan lain-lain. Selain itu, resume juga berisi pengalaman kerja untuk organisasi. Beberapa juga sering menyertakan sejarah pendidikan.

Cara Membuat Resume Pekerjaan

Perekrut atau HRD di perusahaan dapat menerima ratusan bahkan ribuan resume pekerjaan selama periode rekrutmen. Oleh karena itu, perekrut membutuhkan waktu untuk melihat isi resume pekerjaan yang sesuai dengan kriteria. Dengan begitu, tentunya para pencari kerja harus mengetahui cara membuat resume kerja yang tepat sehingga dapat menarik minat HRD. Berikut uraian lengkapnya yang bisa Anda pelajari.

1. Desain Menarik dan Kreatif

Desain resume pekerjaan yang menarik dan kreatif tentunya akan menarik minat HRD atau perekrut untuk melihatnya. Namun, jangan terlalu fokus pada desain sehingga Anda melupakan isi resume pekerjaan itu sendiri. Anda bisa memilih penggunaan warna yang sesuai tanpa harus menggunakan ornamen berlebihan.

Namun, jika Anda melamar di industri kreatif, tentunya resume yang menarik bisa menjadi nilai tambah dan Anda memang dituntut untuk kreatif. Dengan kata lain, kreativitas harus disesuaikan dengan perusahaan yang akan diterapkan.

2. Sertakan Identitas sebagai Diperlukan

Menyertakan identitas sangat penting dalam membuat resume pekerjaan. Namun, Anda hanya boleh memasukkan identitas Anda seperlunya saja. Seperti biasa, itu adalah nama, nomor telepon, email, atau media sosial Anda. Pastikan juga Anda menyertakan data pribadi yang lengkap dan detail, seperti tempat tanggal lahir, agama, hingga hobi.

Namun, jika perekrut tidak membutuhkan informasi ini, Anda tidak boleh memasukkannya. Anda juga dapat memasukkan foto formal atau kasual sesuai dengan karakter perusahaan yang Anda lamar. Sejarah juga perlu dikemukakan secara jelas dan rinci untuk menarik minat HRD.

3. Masukkan Pengalaman Kerja Terperinci

Pengalaman kerja merupakan elemen penting dalam membuat resume pekerjaan. Pastikan Anda mencantumkan pengalaman kerja Anda secara sistematis dan sesuai dengan tahun Anda bekerja dan posisi yang Anda pegang saat itu. Selain itu, cantumkan juga berapa lama Anda bekerja di perusahaan lama.

Dengan menyertakan pengalaman kerja yang jelas dan detail, HRD atau perekrut dapat dengan mudah melihat kompetensi Anda berdasarkan pekerjaan yang telah Anda lakukan. Tidak hanya itu, tambahkan pengalaman organisasi jika Anda memilikinya, terutama jika organisasi yang Anda kerjakan adalah organisasi yang terkenal.

4. Sertakan Keterampilan dan Keahlian Anda

Menanamkan keterampilan atau kemampuan dalam resume pekerjaan adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat melamar pekerjaan. Namun, Anda juga harus menyertakan keterampilan dan keahlian sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menghindari skill dan keahlian yang terlalu umum. Anda dapat memasukkan hal-hal yang lebih spesifik, seperti keterampilan menulis, keterampilan mengedit fotografi, dan sebagainya. Dengan begitu, resume pekerjaan yang Anda buat dapat menarik perhatian HRD atau perekrut.

5. Sertakan Pelatihan atau Kursus jika ada

Jika Anda adalah orang yang suka mengikuti pelatihan atau kursus, akan lebih baik jika Anda mencantumkan riwayat kursus di resume Anda. Tentu saja hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Dengan menyertakan pelatihan atau kursus yang telah Anda jalani, tentunya perekrut dapat lebih percaya diri dengan berbagai keterampilan dan keahlian yang Anda sertakan dalam resume Anda.

Tidak hanya itu, bahkan menyertakan pelatihan atau kursus dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang kompeten dan senang belajar di bidang yang Anda lamar. Dengan begitu, HRD atau perekrut akan lebih tertarik melihat resume pekerjaan Anda.

Nah, berikut ini beberapa uraian cara membuat resume kerja yang sesuai dengan kriteria HRD. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, bukan tidak mungkin, Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah.

Meski begitu, kamu tetap harus berjuang dan terus belajar untuk bisa mendapatkan pekerjaan impianmu. Apalagi pekerjaan yang Anda inginkan memiliki banyak pesaing. Artinya, Anda juga harus bisa menonjolkan karakter yang baik dan juga kepribadian yang profesional. Jadi, perekrut jangan ragu untuk merekrut Anda sebagai karyawan. Semoga beruntung. (ted)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *