Cegah Wabah PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Weleri Sampaikan Imbauan Kepada Peternak

Cegah Wabah PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Weleri Sampaikan Imbauan Kepada Peternak

Patroli Peternakan Sapi di Kawasan Nawangsari Weleri (foto: istimewa)

KENDAL || TintaSantri.com – Dalam upaya pencegahan PMK (penyakit mulut dan kuku) pada sapi, Polres Bhabinkamtibmas Weleri melakukan patroli dialogis dengan sejumlah peternak sapi di Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, Senin (1/8/2022).

Patroli dialogis merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Polsek Weleri terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku yang menyerang ternak sapi di beberapa wilayah lainnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Weleri Brigadir Crysna Hery P melakukan pengecekan dan pendataan terhadap peternak di wilayah sasaran serta mengingatkan agar mewaspadai penyebaran PMK, jika ditemukan ciri klinis, ada ternak yang terkena PMK, segera laporkan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, pesannya kepada salah satu peternak sapi yaitu Pak Suroto. di Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri.

“Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang, dan memeriksakan ternak ke dokter hewan,” ujar Brigadir Satu Crysna Hery.

Sementara itu, Kapolres Weleri AKP Ruslan berpesan kepada seluruh anggota untuk berperan aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, “Perbanyak patroli dialogis dengan warga binaan untuk menjalin kemitraan, terkait wabah PMK, sampaikan kepada petani di daerah untuk melakukan langkah antisipasi dengan jaga kebersihan kandang dan periksa hewan. Pergi ke dokter hewan untuk ternak, edukasi peternak mengenai ciri klinis ternak yang terkena PMK, segera koordinasikan dengan instansi terkait jika ada ternak yang terjangkit PMK agar bisa dilakukan langkah pencegahan penyebarannya,” terangnya. Kapolsek Weleri.

Reporter : Cakwer

Editor: Saya memasukkannya

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *