Cinta Tanah Air ala Ibrahim bin Adham

TintaSantri.com Cinta Tanah Air ala Ibrahim bin Adham –

Perkara cinta tanah air sebenarnya semenjak dahulu tidak banyak dipermasalahkan oleh para ulama. Karena sebenarnya cinta yang tumbuh dalam diri seseorang kepada tanah airnya adalah hal yang manusiawi. Setiap orang di negara manapun pasti mempunyai kecenderungan untuk mencintai tanah kelahirannya sendiri, tanpa terkecuali.

Para ulama dari masa ke masa pun tidak ada yang mempermasalahkan kecintaan seorang kepada tanah airnya. Rasulullah sendiri pun sangat mencintai Mekah sebagai tanah airnya. Sebagaimana digambarkan dalam sebuah hadis. Tatkala beliau sedang dalam perjalanan dari Madinah menuju kota Mekah, beliau sangat merindukan kota Mekkah, tanah kelahirannya. Jibril kemudian datang bertanya: “Apakah engkau merindukan negerimu?” Rasulullah menjawab: “Ya.” Lalu turunlah ayat:

إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْأَنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادِ (القصاص: 85)

“Sesungguhnya Allah yang mewajibkanmu (melaksanakan hukum-hukum) Alquran, benar-benar akan mengembalikanmu ke tempat kembali (Mekah)”

Menurut Syekh Ismail Haqqi dalam Tafsir Ruhul Bayan, pada ayat itu terdapat isyarat bahwa cinta tanah air merupakan bagian dari iman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *