Ciri-ciri Orang Berbohong Dapat Dilihat Dari Ekspresi Wajah, Mulai Gerak Mata Hingga Senyumnya

Ciri-ciri Orang Berbohong Dapat Dilihat Dari Ekspresi Wajah, Mulai Gerak Mata Hingga Senyumnya

Surabaya (TintaSantri.com) – Sebagai orang awam, sulit untuk mengidentifikasi seseorang yang berbohong atau tidak kepada kita. Apalagi menebak-nebak sesuatu yang belum terbukti tentu bisa berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Namun, orang yang berbohong sebenarnya bisa mengetahui kebenaran secara sederhana, bahkan oleh orang biasa. Caranya adalah dengan melihat ciri-ciri ekspresi wajahnya, berikut ini antara lain;

Mata tidak berhenti bergerak

Untuk mengetahui seseorang berbohong dapat dilihat dari matanya. Biasanya mata mereka akan cenderung tidak berhenti bergerak untuk melihat-lihat. Bahkan berkedip lebih sering dari biasanya. Kondisi ini biasanya terjadi karena reaksi stres fisiologis karena Anda merasa enggan untuk menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan.

Mata selalu melihat ke kanan

Selain tidak berhenti bergerak, mata yang cenderung selalu melihat ke kanan juga merupakan tanda seseorang berbohong. Dalam kondisi ini ia cenderung mengakses imajinasinya untuk menjawab pertanyaan, memberikan penjelasan, dan sebagainya. Sedangkan bila melihat ke kiri, artinya sebaliknya.

Senyum palsu

Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang terlihat tersenyum tetapi tidak terlihat tulus. Seperti ada tujuan. Ya, senyum palsu adalah tanda bahwa dia berbohong. Ini akan dengan mudah membaca pikiran seseorang yang sebenarnya tidak terlalu bahagia.

Gerakan tubuh gelisah

Saat seseorang berbohong biasanya ada reaksi kimia yang membuat seseorang merasa gatal di area wajah. Sehingga hal ini membuatnya tampak lebih sering menyentuh wajah. Namun, untuk melihat lebih detail, biasanya perlu melihat gerakan tubuh secara keseluruhan.

Wajah kemerahan atau berkeringat

Ada tipe orang yang saat berbaring wajahnya terlihat merah dan berkeringat. Tak sedikit juga yang menjadi lebih sering menggigit bibir atau sekadar menarik napas dalam-dalam. Hal ini tidak lepas dari kecemasan berlebihan yang dialaminya ketika berbicara tidak jujur.

Namun, ketika Anda melihat seseorang dengan ciri-ciri umum ini, sebaiknya jangan langsung mengambil kesimpulan. Mungkin Anda bisa mengomunikasikannya atau mengantisipasi diri Anda dengan sikapnya yang tidak jujur. (fyi/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *