Dinsos Kabupaten Bekasi Gelar Bimtek Tim Reaksi Cepat

Dinsos Kabupaten Bekasi Gelar Bimtek Tim Reaksi Cepat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Endin Samsudin (Foto: Istimewa)

BEKASI || TintaSantri.com – Penanganan kebutuhan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sangat penting. Oleh karena itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi berupaya untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada PPKS dan PMKS.

Salah satunya dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penanganan PPKS/PMKS yang digelar di Hotel Grand Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, Rabu (24/8). /2022).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin mengatakan bimbingan teknis tersebut melibatkan empat pilar, yakni Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

“Ada 26 indikator masyarakat yang masuk dalam PPKS, ada yang anak jalanan, orang terlantar dan sebagainya. Untuk penanganan PPKS ini yang bergerak terutama di wilayah daerah yaitu empat pilar ini. Jadi kami melakukan bimbingan teknis,” katanya.

Selama ini, kata dia, empat pilar yang tersebar di 23 kecamatan telah bekerjasama dalam penanganan PPKS dan PMKS di Kabupaten Bekasi, dan banyak laporan dari masyarakat yang diterima tim di lapangan.

Salah satu contohnya, kata Endin, adalah penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di lingkungan keluarga. Bahkan beberapa di antaranya, menangani orang terlantar di jalanan. Garis depan penganan dari PPKS merupakan pilar di tingkat daerah.

“Teman-teman dari LKS, PSM, TKSK dan Karang Taruna kemudian akan berkoordinasi untuk shelter ODGJ ini. Ini yang bisa kita lakukan, dalam meningkatkan kapasitas ini tentunya kita berharap teman-teman lebih aktif dan lebih kreatif dalam menangani permasalahan PPKS,” pungkasnya.

Penerbit : Brata Pos Jabar

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *