Dirut BPJS Kesehatan Berikan Penghargaan UHC dan Donasi Peserta Tunggak Iuran di Bumi Bung Karno

Dirut BPJS Kesehatan Berikan Penghargaan UHC dan Donasi Peserta Tunggak Iuran di Bumi Bung Karno

Blitar (TintaSantri.com) – Kota Blitar yang resmi menerima Jaminan Kesehatan Universal Health Coverage (UHC) sejak tahun 2021 mendapat apresiasi dari Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti. Apresiasi tersebut disampaikan pada acara serah terima Piagam UHC di Gedung Kantor Walikota Blitar, Jumat (19/8/2022).

Ghufron mengatakan, hingga saat ini, sebanyak 158.046 orang di Kota Blitar telah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Artinya capaian UHC di Kota Blitar sudah mencapai 99,87 persen dari 158.244 penduduk Kota Blitar.

Ia menambahkan, persentase kepesertaan program JKN terbesar ada pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Pemerintah Daerah (PBPU Pemda) sebesar 39,65 persen dari total penduduk. Hal ini menunjukkan dukungan dan komitmen Pemerintah Kota Blitar sangat optimal. Diikuti peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dengan 26,31 persen dan PBI-JK 24,31 persen,” kata Ghufron.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan peserta JKN, BPJS Kesehatan Cabang Kediri telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan yang tersebar di Kota Blitar. Selain itu, BPJS Kesehatan berupaya membangun strategi berbasis digital untuk mendukung layanan yang lebih cepat dan berkualitas, salah satunya sistem antrian online melalui Aplikasi Mobile JKN,” ujar Ghufron.

Dikatakannya, jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kota Blitar yang bekerjasama sebanyak 22, terdiri dari 3 Puskesmas, 6 Klinik, 10 Dokter Praktek Perorangan (DPP), dan 3 Dokter Gigi. Adapun jumlah Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) sebanyak 4, terdiri dari 1 rumah sakit tipe B, 2 rumah sakit tipe C, dan 1 rumah sakit tipe D.

“Untuk itu, kami berharap dengan komitmen yang diberikan Pemerintah Kota Blitar melalui pencapaian UHC-nya dapat dibarengi dengan komitmen dari fasilitas kesehatan yang terus memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya peserta JKN, sehingga manfaat yang dihadirkan dapat dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat Kota Blitar,” tambah Ghufron.

Dalam kesempatan ini, Ghufron juga menyerahkan iuran JKN kepada 14 peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) golongan III yang menunggak iuran di Kota Blitar.

Sementara itu, Wali Kota Blitar Santoso mengapresiasi kunjungan Dirut BPJS Kesehatan ke kota yang memiliki julukan Bumi Bung Karno itu. Dalam pelaksanaannya, Santoso mengatakan bahwa kesehatan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian serius.

Untuk itu, melalui kegiatan ini, Santoso mengharapkan masukan dan saran terkait pelaksanaan Program JKN di Kota Blitar yang akan ditindaklanjuti oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Tentu kami terbuka terhadap masukan dan saran yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, agar masukan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan demi terselenggaranya program JKN yang baik di Kota Blitar,” tutup Santoso. [nm/beq]


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *