DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Tentang KUA-PPAS APBD Tahun 2023

DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Tentang KUA-PPAS APBD Tahun 2023

Sumenep || TintaSantri.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penandatanganan nota kesepahaman antara pimpinan DPRD dengan kepala daerah (Bupati) tentang kebijakan umum APBD serta prioritas dan pagu anggaran sementara. (KUA-PPAS) Kabupaten Sumenep Tahun Anggaran 2023, Selasa (8/2/2022).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir yang dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Sumenep, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, anggota Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah Organisasi (OPD), Camat, Pimpinan Organisasi, Pers dan tamu undangan. lainnya, berlangsung di Ruang Paripurna Graha DPRD setempat.

Achmad Fauzi mengungkapkan, Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Pagu Anggaran Sementara merupakan bagian dari siklus pembangunan daerah yang tahapannya telah diatur secara jelas.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Sumenep atas penandatanganan Nota Kesepahaman KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu berarti telah melalui tahapan penting dalam pembangunan daerah dan berharap kesepakatan hari ini dapat ditindaklanjuti dengan baik dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sehingga APBD Kabupaten Sumenep Tahun Anggaran 2023, sehingga yang dapat ditentukan pada waktunya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. berlaku.

Ia juga menyampaikan bahwa pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah pada dasarnya selain menjadi tugas dan kewajiban konstitusional, juga merupakan aktualisasi dari prinsip kemitraan antara Pemerintah Daerah dan DPRD sebagai sesama unsur penyelenggara otonomi daerah.

“Oleh karena itu, kemitraan paralel antara Pemerintah Daerah dan DPRD perlu dibina secara optimal dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan sesuai dengan fungsi, tugas dan peran masing-masing.” dia menjelaskan.

Untuk itu Bupati berharap agar APBD Tahun Anggaran 2023 mendatang dapat berjalan sesuai harapan sehingga kepentingan masyarakat Kabupaten Sumenep dapat terlayani secara optimal. Belanja Daerah 2023 disusun dengan pendekatan money follow program yang berorientasi pada pencapaian hasil masukan yang direncanakan dengan memperhatikan kinerja masing-masing Perangkat Daerah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Sumenep beserta jajarannya sehingga sampai pada tahap persetujuan bersama atas rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

“Semoga apa yang menjadi agenda Rapat Paripurna kali ini memberikan angin segar bagi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sumenep menjadi lebih baik ke depannya,” harapnya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Sumenep mengatakan bahwa pembahasan RUU KUA-PPAS 2023, baik di tingkat komisi maupun di tingkat Banggar-Timgar telah diwarnai dengan berbagai dinamika dan kami yakin semuanya merupakan artikulasi dari keinginan bersama untuk merumuskan kebijakan anggaran umum dan prioritas pagu. anggaran sementara secara akurat dan tanggap. Sehingga dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan dan kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sumenep.

“Semoga hasil pembahasan Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 yang kita sepakati nantinya dapat menjadi cikal bakal lahirnya APBD yang dapat memenuhi harapan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. .

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *