IDR Ajak Masyarakat Dukung Polres Usut Korupsi Di PDAM

IDR Ajak Masyarakat Dukung Polres Usut Korupsi Di PDAM

Gresik || TintaSantri.com – Kelompok masyarakat yang tergabung dalam IDR (Informasi Dari Rakyat) menggelar seruan dukungan masyarakat pada Car Free Day yang digelar setiap Minggu pagi di depan WEP (Wahana Ekspresi Poesponegoro) jln.Jaksa Agung Suprapto.Minggu 30/7/2022.

Aksi pengumpulan tanda tangan tersebut meminta dukungan masyarakat yang sangat dibutuhkan Polres Gresik untuk mengusut dugaan korupsi dana di Perumda Giri Tirta/PDAM Gresik.

“Dugaan korupsi Rp 25 miliar tahun 2019, penyertaan modal tahun 2019 disinyalir tidak sesuai peruntukan dan tidak sesuai rencana,” kata Ketua Umum IDR Samsul Anam pada 08.44 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 05.00 pagi dengan spanduk yang diletakkan di trotoar di depan WEP dan siap ditandatangani oleh masyarakat Gresik. Dihadiri oleh ketua dan 10 anggota DPRD Kabupaten Gresik Rp.

Lebih lanjut, Samsul menambahkan, “Yang kedua adalah dugaan korupsi sebesar Rp. 42,7 miliar dana dari nasabah sebesar Rp. 2.500 yang telah dipungut oleh PDAM Gresik sejak tahun 2004 sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Gresik No. 27 Tahun 2004 yang berisi biaya sebesar Rp. 2.500 per pelanggan per bulan. Dalam Surat Edaran Bupati tersebut, kontribusi sebesar Rp. 2.500 per pelanggan per bulan adalah untuk mengganti meteran air yang diperkirakan sudah rusak selama 5 tahun. Tapi kenyataannya di rumah saya, di rumah pelanggan, meteran air sudah puluhan tahun tidak pernah diganti. “jelasnya.

Pihak IDR menjelaskan bahwa IDR telah meminta kepada PDAM untuk hasil kontribusi Rp2.500, jawabannya dimasukkan dalam neraca PDAM.

Menurut Samsul, apa yang dilakukan PDAM itu salah, sebenarnya harus dipisah atau dipisah. Karena retribusi masyarakat jelas untuk pemeliharaan meteran air. Ironisnya, ketika warga mengaku meteran airnya rusak, mereka harus menunggu beberapa hari atau minggu. Alasannya tidak ada stock meter di gudang. Lalu kemana uang pungutannya? ” kata Samsul saat diwawancarai awak media.

Ketua Umum IDR mengajak masyarakat mendukung penuh Polres Gresik mengusut tuntas dugaan korupsi di PDAM Gresik.

“Mudah-mudahan Polres Gresik tidak dan tidak segan-segan mengusut tuntas kasus PDAM agar terungkap yang benar dan yang salah juga terungkap,” pungkas Anam.

Reporter : Hdk

Terbitkan : zs

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *