Ingin Jadi Supplier Restoran? Begini Langkah-langkahnya, Mudah

Ingin Jadi Supplier Restoran? Begini Langkah-langkahnya, Mudah

Surabaya (TintaSantri.com) – Bisnis supplier restoran memang menjadi model bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi jika Anda pemasok sayuran di kota-kota besar, seperti Jabodetabek atau kota metropolitan lainnya, yang jarang bisa mendapatkan sayuran yang layak.

Tidak hanya restoran yang berdiri sendiri, restoran yang berada di pusat perbelanjaan hingga hotel juga bisa menjadi salah satu mitra bisnis Anda, untuk mensuplai bahan baku yang mereka butuhkan.

Karena permintaan pasar yang tinggi, mereka mencari bahan baku dengan kualitas super namun dengan harga yang terjangkau. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjadi pemasok bahan baku untuk restoran tersebut.

Setelah itu, langkah apa lagi yang diperlukan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik? Berikut beberapa tips bisnis supplier restoran yang bisa Anda terapkan.

1. Cari Tahu Kebutuhan Bahan Baku Restoran

Ketika Anda menjadi supplier, tentunya Anda harus memiliki informasi tentang bahan baku yang dibutuhkan target Anda.

Caranya, Anda bisa berpura-pura menjadi pengunjung restoran tersebut, atau Anda bisa bertanya kepada pelayan restoran tentang menu favoritnya atau yang paling banyak dipesan di restoran tersebut.

2. Temukan Pabrikan atau Produksi Sendiri

Nah, setelah Anda mengetahui produk apa yang cocok untuk dipasok di restoran, selanjutnya siapkan bahan bakunya dengan mencari produsen atau Anda bisa memproduksi sendiri dengan menggandeng petani sayur.

Tentunya membuat produk sendiri membutuhkan modal yang relatif besar, karena harus rela membeli dalam jumlah banyak dari petani untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

3. Mencoba Membuat Merek Perusahaan

Membuat brand atau brand nabati tentu bisa menguntungkan bisnis Anda berkali-kali lipat, karena bisa menjangkau berbagai mitra dan pelaku usaha lainnya.

4. Pilih Produk Berkualitas

Mengalihkan pemasok lain bukanlah cara yang baik, tetapi jika Anda memiliki bahan baku berkualitas lebih tinggi, restoran mungkin tertarik dengan bisnis Anda.

Jadi agar restoran beralih ke produk Anda, tentunya Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik dan menawarkan sayuran berkualitas yang lebih segar, bersih, dan unggul dengan memberikan contoh produk.

5. Pasang Harga Terbaik

Menjadi supplier tentu berbeda dengan menjadi distributor. Maka Anda harus berani melakukan perang harga dengan pemasok lain. Jika produk Anda memiliki kualitas yang lebih tinggi, maka tidak perlu menawarkan harga yang lebih rendah karena akan merugikan bisnis Anda.

Anda tidak perlu menjadi lulusan pemasaran, tetapi Anda harus pintar dengan keterampilan pemasaran Anda. Karena Anda harus meyakinkan mitra untuk tertarik dengan produk bisnis.

6. Berikan Bonus

Memberikan bonus kepada pelanggan tetap apakah tidak ada ruginya? Tentu tidak, karena bonus bisa menjadi bentuk apresiasi kepada mitra yang telah bekerja sama dan mempercayai kualitas produk Anda.

Nah itulah beberapa langkah menjalankan bisnis supplier resto yang semoga bermanfaat untuk anda. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *