Ini yang Perlu Dipersiapkan Untuk Hadapi Cacar Monyet, Agar Terhindar dan Terlindungi

Ini yang Perlu Dipersiapkan Untuk Hadapi Cacar Monyet, Agar Terhindar dan Terlindungi

Diposting pada 1 views

Surabaya (beritajatim.com) – Monkeypox atau cacar monyet diketahui telah melanda sedikitnya 19 negara di benua Amerika dan Eropa. Namun, hingga saat ini belum ada kasus yang dilaporkan di Indonesia, dikutip dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

Perlu diketahui bahwa monkeypox adalah infeksi virus yang awalnya ditularkan dari hewan ke manusia, melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinfeksi virus monkeypox. Namun penularan wabah ini juga bisa terjadi jika terjadi kontak dekat dengan manusia atau benda yang terkontaminasi virus.

Munculnya cacar monyet ditandai dengan nodul bernanah pada kulit, dan masa inkubasi terjadi dari 6 hingga 21 hari. Selain itu, untuk fase 1 hingga 3 hari, Anda akan merasakan demam tinggi, sakit kepala parah, dan nyeri punggung. Kemudian fase paling menular akan muncul ruam pada kulit yang menyebar dari wajah ke bagian tubuh lainnya berupa nanah. Kemudian akan mengeras dan rontok.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meskipun monkeypox adalah wabah yang tidak normal, penyebarannya dapat dikendalikan. Oleh karena itu, direktur WHO, Sylvie Briand, menyerukan kesiapsiagaan infeksi global, jika sewaktu-waktu virus ini melonjak, dilansir US News.

Meski sampai saat ini kasus cacar monyet belum muncul di Indonesia. Namun Anda harus ekstra waspada, karena masa inkubasinya cenderung lebih lama dari Covid-19. Nah, itulah beberapa tips yang harus Anda persiapkan untuk mengatasi penyakit cacar monyet di Indonesia.

Dalam upaya pencegahan, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih seperti cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker saat bepergian, dan menghindari keramaian.

Upaya penting lainnya yang harus disiapkan adalah menyiapkan strategi vaksinasi jika suatu saat monkeypox muncul di Indonesia, mengingat di beberapa negara sudah 237 kasus terkonfirmasi dan suspek monkeypox, dikutip dari BBC.

Namun, jika Anda merasa memiliki gejala atau pernah kontak dekat dengan penderita cacar monyet, Anda bisa menghubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan tepat. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di beritajatim.com