Inilah Manfaat Aplikasi Jogo Malang Presisi

Inilah Manfaat Aplikasi Jogo Malang Presisi

Malang (TintaSantri.com) – Polres Malang Kota meluncurkan aplikasi Jogo Malang Precision. Program ini sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2015 dan kini sedang diupdate agar lebih lengkap.

Aplikasi yang dapat diunduh melalui Android di Playstore ini diluncurkan pada Selasa (2/8/2022). Pada update kali ini, Polres Malang Kota berkolaborasi lintas sektor khususnya dengan Pemerintah Kota Malang dalam menjalankan aplikasi tersebut.

“Untuk saat ini konsepnya integrasi dan kolaborasi, kita integrasikan 9 rumah sakit dan 15 instansi pemerintah, berkolaborasi bersama, ketika kita menemukan masalah kita bisa tangani bersama-sama,” kata Kapolres Kota Malang Kombes Pol Budi Hermanto.

Pria yang akrab disapa Buher ini mengatakan, aplikasi ini tidak hanya untuk melaporkan kejahatan. Namun hal-hal lain, seperti kecelakaan lalu lintas, pohon tumbang, mati listrik dan lain-lain dapat dilaporkan dalam aplikasi.

“Jadi tidak ada lagi pihak yang bekerja sendiri. Misalnya kalau ada pohon tumbang akan kita koordinasikan dengan Badan Lingkungan Hidup, gangguan listrik dengan PLN dan lain-lain,” tambah Buher.

Untuk efektivitas penggunaan aplikasi Jogo Malang Presisi, saat ini ada 10 sampai 15 laporan yang masuk per hari. Ia berharap aplikasi tersebut dapat membantu mewujudkan Kota Malang menuju Smart City. Sebanyak 840 personel Polres Malang Kota diwajibkan mengunduh aplikasi tersebut. Tujuannya agar lebih cepat merespon ketika ada kejadian yang tidak diinginkan.

“Dengan demikian, kehadiran Polres Malang Kota diharapkan dapat membantu permasalahan yang ada di Kota Malang. Aplikasi ini bukan lagi milik Polres Malang Kota, tapi juga milik Pemkot Malang dan masyarakat Kota Malang. Mereka mengaktifkan GPS, sehingga terpantau dan penanganan bisa dilakukan secepat mungkin, misalnya ada kemacetan atau kecelakaan dan lain-lain,” ujarnya. [luc/but]


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *