Jangan Dibuang! Ini Tips Menjual Laptop Bekas Bahkan Mati Total

Jangan Dibuang! Ini Tips Menjual Laptop Bekas Bahkan Mati Total

Surabaya (TintaSantri.com) – Kita semua memiliki barang-barang yang rusak atau tidak berfungsi di rumah terutama barang-barang elektronik seperti laptop, komputer, handphone, speaker, tv, dan lain sebagainya.

Laptopmu rusak? Mati total? Jual saja. Mengambil keputusan untuk menjual laptop rusak merupakan salah satu pilihan yang cukup masuk akal.

Apakah laptop yang sudah rusak atau mati total dijual? Mungkin pertanyaan ini pernah muncul di benak kita atau dari orang lain. Jawabannya adalah perilaku.

Kenapa harus dijual? Ini adalah alasan paling klasik, alasan pertama biasanya karena laptop tidak bisa diperbaiki, atau biaya perbaikannya sangat mahal. Maka, langkah strategis diambil dengan menjual laptop yang rusak atau mati.

Berikut tips jual laptop bekas/mati total, simak penjelasannya!

1. Menjual kepada orang yang tepat dan dapat dipercaya

Begini penjelasannya, jika Anda menjual laptop Anda ke pengepul barang bekas, tentu dia mungkin akan membelinya, namun dengan harga per kilo sesuai kebiasaannya membeli barang bekas. Namun, akan berbeda jika Anda menjualnya kepada orang yang tepat. Misalnya, jika Anda menjual laptop yang rusak ke teknisi komputer (perbaikan laptop), biasanya Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik dan cukup mahal.

Mengapa begitu? Salah satu penyebabnya adalah karena di dalam laptop yang rusak biasanya masih ada komponen yang bisa digunakan. Atau bahkan dalam kasus tertentu, terkadang laptop masih bisa diperbaiki (tergantung tingkat keparahan laptop).

2. Analisis Harga Laptop Rusak Dari Tingkat Keparahan

Biasanya saat Anda menawarkan laptop rusak ke teknisi, mereka tidak akan langsung memberikan harga. Mereka akan mengecek terlebih dahulu bagian yang rusak dan juga bagian yang masih bisa diselamatkan.

Saat ingin menjual laptop, pastikan Anda tidak terlalu polos saat menjual laptop rusak. Posisikan diri Anda sebagai orang yang sangat memahami kerusakan laptop yang ingin Anda jual. Apa tujuannya? Untuk mendapatkan penawaran terbaik.

3. Cara menjual laptop rusak dengan harga tinggi

Anda harus bisa mengetahui sebanyak mungkin bagian mana dari laptop Anda yang rusak dan bagian mana yang masih bagus. Hal ini penting untuk diketahui agar Anda tidak mudah tertipu atau bisa bernegosiasi dengan lebih percaya diri.

Secara umum kisaran harga laptop mati berada pada kisaran harga 100 ribu hingga 700 ribu. Sangat sulit menjual laptop rusak di atas harga Rp. 700.000. Bahkan untuk menyentuh angka 700 ribu juga dinilai sangat berat bagi pembeli.

Namun, jangan buru-buru putus asa. Perbandingan lain dalam menilai harga sebuah laptop terkadang juga ditentukan oleh spesifikasi laptop tersebut.

Itulah tiga tips yang harus Anda lakukan saat ingin menjual laptop bekas/mati total. Semoga tips ini bermanfaat! (malam/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *