Jurnalis Tuban Cangkrukan Bahas Kemerdekaan Pers

Jurnalis Tuban Cangkrukan Bahas Kemerdekaan Pers

Tuban (TintaSantri.com) – Sejumlah wartawan di wilayah Kabupaten Tuban yang tergabung dalam komunitas Solidaritas Pers Ronggolawe (RPS) menggelar kegiatan Jurnalistik Cangkrukan yang berlangsung di Aula Wartawan, Jalan Pramuka Nomor 1 Kota Tuban, Rabu (31/8/2022) .

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk refleksi dalam memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia yang membahas beberapa isu terkait kebebasan pers dan juga UU ITE. Jurnalistik Cangkrukan melibatkan puluhan wartawan dari media TV, Online, Cetak dan Radio di Kabupaten Tuban.

Acara yang dikemas dengan cangkrukan ini dihadiri oleh Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda, Setiawan Prasetyo, Senior Manager Corporate Communication SIG Ghopo Tuban, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Enkripsi Tuban, Arif Handoyo, serta puluhan peserta dari anggota RPS, PWI, radio, serta media center Pemkab dan DPRD Tuban.

Dalam kesempatan itu, Khoirul Huda selaku Ketua RPS Tuban menyampaikan terima kasih kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ghopo Tuban yang telah mendukung kegiatan transplantasi jurnalistik. Dengan dukungan dari perusahaan, diharapkan kegiatan Jurnalistik Cangkrukan dapat terus berlanjut, karena ilmu jurnalistik terus berkembang.

Ada tiga hal yang menjadi bahan perbincangan dalam cangkrukan jurnalistik yang digelar RPS Tuban, yakni terkait UU ITE, UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Kegiatan tersebut sengaja dikemas dalam bentuk cangkrukan dengan harapan agar pesan yang disampaikan dapat sampai kepada peserta.

“Alasan kami mengambil tema refleksi karena di Tuban ada orang yang mengaku sebagai jurnalis, sehingga kompetensi jurnalis penting untuk terus ditingkatkan. Selain bercermin pada kebebasan pers, kami juga ingin wawasan jurnalis Tuban berkembang seiring dengan perkembangan jurnalisme,” kata Khoirul Huda, Ketua RPS Tuban.

Pada kesempatan yang sama, Arif Handoyo, Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Badan Statistik dan Enkripsi Tuban mendukung program RPS dan GIS untuk menambah pengetahuan para jurnalis Tuban. Retasan jurnalistik yang dilakukan RPS tidak hanya bermanfaat bagi jurnalis, tetapi juga bagi humas Pemkab dan DPRD.

“Ke depan Kominfo akan mensinergikan kegiatan jurnalis, GIS, dan Pemkab. Dengan partisipasi jurnalis, pembangunan di Tuban akan lebih optimal,” kata Arif Handoyo.

Sementara itu, Setiawan Prasetyo yang hadir pada acara tersebut menilai Jurnalisme Cangkrukan kali ini menarik. SIG mengapresiasi dan berharap kegiatan cangkrukan ini dapat terus dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk menambah wawasan para jurnalis di Tuban.

“Melalui jurnalistik diharapkan para peserta mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya, serta komitmen untuk menjunjung tinggi kebebasan pers. Selamat atas pencangkokannya dan semoga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” Setiawan Prasetyo, Senior Manager Corporate Communication SIG Ghopo Tuban. [mut/but]


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *