Kades Ranuagung Gelar Ritual Tahunan "Bersih Desa"

Kades Ranuagung Gelar Ritual Tahunan “Bersih Desa”

PROBOLINGGO // TintaSantri.com- Membersihkan kampung merupakan tradisi turun temurun dalam budaya Jawa khususnya. Pasalnya, ritual pembersihan desa sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu. Ritual bersih desa merupakan bentuk penyatuan manusia dengan alam dan dapat diartikan sebagai bentuk rasa syukur warga masyarakat kepada Tuhan. Baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh dari Tuhan selama setahun, maupun permintaan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk tahun yang akan datang.

Ritual Desa Bersih sendiri biasanya dilakukan setahun sekali setelah musim panen. Dan pelaksanaannya tidak ditentukan sembarangan, melainkan ada hari-hari tertentu dalam penanggalan Jawa yang merupakan hari-hari suci untuk melaksanakan Ritual tersebut.

Ritual Bersih Desa sendiri terdiri dari beberapa tahapan, dimulai dari pengabdian masyarakat membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh warga desa, baik perbaikan jalan atau gang, parit, pos patroli agar terlihat rapi dan bersih.

Selain itu, warga biasanya juga membersihkan makam-makam yang dianggap keramat, terutama makam leluhur. seorang tokoh atau figur yang selama ini menjadi panutan bagi masyarakat desa. Tujuan lainnya adalah untuk menjernihkan hambatan atau kesulitan yang ada agar kehidupan seluruh warga tenang dan tentram.

Rangkaian kegiatan tradisi bersih di Desa Ranuagung Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo yaitu karnaval dan diikuti oleh masing-masing Dusun yang ada di wilayah Desa Ranuagung seperti kesenian Glipang dan lanjutan merpati tottaan sebagai tradisi di Kecamatan Tiris.

Sedangkan hajatan sendiri digelar hingga malam hari, dan dilanjutkan dengan pengajian di halaman kepala desa Ranuagung, Muhammad Bilal.

Untuk Harapan, kata Kepala Desa Ranuagung Muhammad Bilal. “Ke depan, semoga masyarakat aman, tentram dan lebih baik dari sebelumnya. Semoga acara selamatan desa ini di tahun yang akan datang lebih baik dan lebih semarak dari yang sekarang ini,” ujarnya.

Berkat Rahmat Allah SWT dan atas dukungan semua pihak rangkaian Kegiatan Tradisi Bersih di Desa Ranuagung Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo tahun 2022 dapat terselenggara dengan lancar dalam suasana aman dan kondusif,” pungkasnya.

Reporter: Bbng/Day

Editor/ Penerbit: Shelor

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *