Kadis kominfotik Nagan Raya kunjungi Desa Bumi Sari Beutong

Suka Makmue || TintaSantri.com – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Nagan Raya, Drs Said Amri mengunjungi Gampong Bumi Sari, Kecamatan Beutong, Senin (8/8/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus menindaklanjuti aspirasi warga Bumi Sari terkait jaringan seluler yang disampaikan kepadanya beberapa waktu lalu melalui Himpunan Mahasiswa Hukum (UTU) Universitas Teuku Umar yang sedang melakukan pengabdian masyarakat disana.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Keuchik tersebut, Kabag Kominfo didampingi Kabag Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Teuku Syamsul Bahri MKom, Kabag Statistik Zulkifli SSi dan beberapa pejabat fungsional lainnya.

Kepala Komunikasi dan Informatika, Drs. Said Amri menjelaskan, tugas dan wewenang Dinas Komunikasi dan Informatika di daerah meliputi pencatatan data di daerah yang tidak terjangkau jaringan seluler, baik jaringan telepon maupun internet.

Disebutkan, data tersebut harus dilaporkan kepada pemerintah di atas, karena Pemerintah Daerah tidak berwenang membangun infrastruktur menara BTS (Base Transceiver Station).

“Kominfo daerah hanya berwenang mencatat data, mohon nanti aparat desa menyiapkan permohonan untuk kami serahkan ke Kominfo Provinsi, kemudian diteruskan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Divisi ICT, Teuku Syamsul Bahri MKom menjelaskan, ke depan akan dicari solusi agar jaringan yang ada di kantor keuchik dapat ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya.

“Apalagi mahasiswa melakukan pengabdian di sini,” ujarnya.

Sebelumnya, Keuchik Bumi Sari, Hendri Veri Susanto SSos, menyampaikan rasa terima kasih dan kehormatan bagi mereka atas kedatangan instansi dan jajarannya.

“Kami berterima kasih, karena telah berkunjung ke desa kami untuk melihat kondisi secara langsung,” ujarnya.

Masyarakat, lanjutnya, sangat mengharapkan Dinas Komunikasi dan Informatika dapat membantu dalam hal jaringan telepon dan internet di Bumi Sari.

“Disini jaringan sangat sulit ditemukan atau diakses oleh masyarakat Bumi Sari atau masyarakat yang singgah di Bumi Sari, Pak,” kata Keuchik Hendri.

Kami warga Bumi Sari dan seluruh perangkat desa, lanjutnya, bersedia mempersiapkan baik itu permintaan atau usulan, lahan untuk lokasi pembangunan tower dan sebagainya.

Wartawan : TR. Sabaruddin HR

penerbit : zs

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *