Kasus HIV Tiga Daerah Ini Tertinggi se-Jatim

Kasus HIV Tiga Daerah Ini Tertinggi se-Jatim

Surabaya (TintaSantri.com) – Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkes) Jatim mencatat hingga Juni 2022, secara kumulatif penemuan kasus baru HIV di Jatim sebanyak 3.328 kasus.

Kota Surabaya masih menjadi daerah dengan penemuan kasus HIV tertinggi yaitu mencapai 317 kasus. Sedangkan di posisi kedua, ada Banyuwangi dengan 306 kasus, disusul Jember dengan 278 kasus. “Penemuan kasus terendah ada di Kota Batu dengan temuan 4 kasus baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr Erwin Astha Triyono kepada TintaSantri.com, Kamis (18/8/2022).

Erwin menjelaskan, berdasarkan data sebaran Orang Hidup Dengan HIV dan AIDS (ODHA) di Jatim hingga Juli 2022, ada 21.610 ODHA yang berobat di Jatim. “Jumlah tertinggi adalah Kota Surabaya yaitu 4.461, disusul Kota Malang sebanyak 1.1586, dan Banyuwangi sebanyak 1.238. Kabupaten Sampang memiliki sebaran ODHA terendah sebanyak 33 ODHA,” jelas Erwin.

Ia mengatakan, Pemprov Jatim sendiri terus melakukan upaya pencegahan dan pengendalian HIV. Diantaranya melakukan penemuan sedini mungkin dengan mengadakan klinik keliling di populasi kunci, tes HIV pada calon pengantin dan ibu hamil.

Selain itu, pihaknya juga meningkatkan sosialisasi kepada populasi kunci (LSL atau Laki-Laki, Waria, PSK, dan Penasun) dalam upaya pencegahan penularan HIV. Melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan PrEP (Pre Exposure Prophylaxis) dan PEP (Post Exposure Prophylaxis), kondom, pelumas dan spuit untuk pencegahan pra pajanan. [ipl/suf]


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *