Kondom Lepas Dalam Vagina? Jangan Panik, Begini Cara Atasinya

Kondom Lepas Dalam Vagina? Jangan Panik, Begini Cara Atasinya

Surabaya (TintaSantri.com) – Penggunaan kondom terkadang diperlukan. Terutama karena kondom merupakan alat kontrasepsi non hormonal yang berguna untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain itu, kondom juga merupakan pencegahan agar seseorang tidak tertular penyakit tertentu saat berhubungan seks. Tak ayal, jika kondom menjadi pilihan yang kerap dipilih untuk mengantisipasi kemungkinan buruk ini.

Penggunaan kondom pada dasarnya mampu melapisi penis pria. Namun, jika cara penggunaan dan ukurannya tidak sesuai, akan lebih mudah lepas dan tertinggal di dalam vagina.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda tidak perlu panik. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat kondom terlepas di vagina, di antaranya;

Mintalah bantuan pasangan Anda

Apa yang bisa dilakukan dalam situasi seperti itu, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah meminta bantuan dari pasangan. Pasangan bisa membantu dengan menggunakan dua jari, yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Namun, pastikan dulu tangan dalam keadaan bersih.

Yang perlu diperhatikan adalah melakukan gerakan menyapu dari belakang ke depan vagina. Tentu saja dengan cara yang lembut. Untuk mempermudah proses pengambilan kondom, Anda perlu merentangkan kaki selebar mungkin.

Ambil sendiri

Mengambil kondom di dalam vagina juga bisa dilakukan oleh seorang wanita sendiri. Caranya adalah dengan membuka kaki lebar-lebar dalam posisi terlentang. Gunakan jari yang sudah dicuci bersih, lalu rasakan bagian tempat kondom tertinggal. Jika perlu, maka Anda bisa menghadap cermin.

Jika kondom tertinggal di area leher rahim yang notabene tidak mudah dijangkau, maka lakukan posisi jongkok atau setengah jongkok. Dengan posisi ini, kondom akan lebih mudah keluar.

Namun proses pengambilan kondom perlu dilakukan secara perlahan dan lembut. Hal ini agar sperma atau isi kondom tidak mudah tumpah.

Karena jika itu terjadi, sperma bisa masuk ke leher rahim, sehingga memungkinkan untuk hamil. Namun, jika sudah terlanjur dilakukan, maka wanita tersebut disarankan untuk segera meminum pil KB.

Melakukannya secara perlahan juga berguna untuk mengurangi risiko robeknya kondom. Karena selain bocor, hal yang ditakutkan adalah bagian kondom yang masih tertinggal di dalam vagina. Jika keadaan ini terjadi, maka Anda harus segera menghubungi dokter untuk mengatasinya. (fyi/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *