Kunci Bertahan Hidup Paling Mudah adalah Fleksibilitas

Kunci Bertahan Hidup Paling Mudah adalah Fleksibilitas

Surabaya (TintaSantri.com) – Sadar atau tidak sadar, kita sangat mudah berubah. Ini membuat kita sadar bahwa kita tidak perlu terlalu memikirkan banyak hal.

Pahami peristiwa yang mungkin terjadi, tetapi tidak perlu menebak-nebak bagaimana cara bertahan di tengah ketidakpastian. Kita hanya perlu melihat sejarah dan evolusi. Faktanya, kita sudah memiliki miliaran tahun data tentang cara bertahan hidup di lingkungan yang tidak terduga atau tidak terduga.

Beberapa kepunahan massal di bumi. Hanya saja, sulit untuk mengatakan bahwa spesies yang punah itu bodoh dan seharusnya tahu lebih baik. Pasalnya, mereka tidak memiliki pandangan ke belakang untuk melihat ciri-ciri spesies yang berhasil bertahan hidup. Namun, kita dapat melihat keberuntungan yang jelas dan bahkan tidak ambigu.

Spesies yang sukses bahkan dapat bertahan cukup lama untuk mewariskan gen mereka ke generasi mendatang. Tentu saja, kelangsungan hidup untuk produksi memiliki persyaratan metabolisme yang berbeda, tetapi sama pentingnya.

Ahli biologi evolusioner mengidentifikasi dua strategi utama yang digunakan spesies untuk menentukan peluang mereka untuk bertahan hidup dari waktu ke waktu. Di salah satu ujung spektrum dikenal sebagai sejarah kehidupan yang lambat ketika segala sesuatunya menjadi stabil dengan perencanaan yang terbayar atau yang disebut investasi. Dari situ kita akan menempatkan sumber daya secara tepat guna memaksimalkan satu hal besar.

Jika diibaratkan kita, kita tidak perlu bergerak bahkan menangkis predator. Tinggal menunggu waktu yang akan datang. Namun, di sisi lain tetap mencari peluang atau peluang lain yang bisa didapat. Dengan memiliki berbagai sumber daya, lebih mudah untuk memberikan bekal untuk generasi berikutnya. Beberapa contoh hewan yang mengkhususkan diri dalam bertahan hidup cenderung memiliki keturunan yang lebih sedikit dan mendominasi ekosistem adalah gajah, dinosaurus, primata.

Hanya saja manusia terlalu lama menganggap diri mereka sebagai Dinosaurus yang tidak bisa dihancurkan. Namun, tanpa kita sadari, ada kalanya kita mengalami perubahan besar bahkan ketidakpastian. Oleh karena itu, Fleksibilitas adalah negara adidaya baru. Fleksibilitas menjadi cara mudah untuk Bertahan di level Tertinggi. (PRD/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *