Kunjungan Kerja Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Dan Mayor Jenderal Tni Dalam Rangka Penanaman Perdana Jagung

Kunjungan Kerja Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Dan Mayor Jenderal Tni Dalam Rangka Penanaman Perdana Jagung

Aceh Tamiang || TintaSantri.com – Pada Senin, 29 Agustus 2022, sekitar pukul 12.15 WIB, rangkaian kunjungan Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Panglima IM serta Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan dalam rangka penanaman awal jagung yang berlangsung di Ladang Jagung Dsn. Adil Makmur I Ds. Kecamatan Tenggulun. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang dihadiri ±500 orang.

Hadir juga antara lain:
Wakil Menteri Republik Indonesia an Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Staf Khusus Indonesia Bidang Pertanian.
Panglima IM dan Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH.
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir. Cut Huzaimah, MP
Danrem 011/LW dan Inf Kolonel Bayu Permana.
Asintel Kasdam IM dan Kolonel Inf. Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos.
Aster Kasdam IM dan Kolonel Inf Deni Gunawan.
Dandenpom IM / 1 Lhokseumawe dan Letkol Cpm Edi Rochman, ST.
Dandenkesyah IM 04.01 LSW dan Letkol Ckm Iwan Gunawan HS.,SH,M.Si.
Bupati Aceh Tamiang an H. Mursil, SH, M.Kn.
hal. Bupati Aceh Timur an Ir. Mahyuddin Syech Kalad, M.Si
Dandim 0117/Atam an Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M.Si.
Kapolres Aceh Tamiang dan AKBP Imam Asfali, SIP
Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Agung Ardyanto, SH.
Wakil Bupati Aceh Tamiang an HT Insyafuddin, ST
1mSekda Kab. Aceh Tamiang dan Drs. Asra.
Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang an Fahdlon, SH
Anggota Komisi II DPRK Aceh Tamiang an H. Samuri, SE.
Anggota Komisi II DPRK Kab. Atam dan Syaiful.
1mKetua MPU Kab. Aceh Tamiang an Syahrizal Darwis, MA.
Kasmin Komandan IM dan Mayor Inf Fachrul Yuza, MIP
Wadan Yonif RK 111/KB dan Kapten Inf Andhika Eka Prasetya Susilo
Dokter Swasta Panglima IM dan Letnan Ckm dr. Ksatria
SKPK Kabupaten Aceh Tamiang
Camat Tenggulun M. Dede Winata, S.STP
2mKepala Bidang Simpang Kiri Iptu Andi Krisna, SH.
Kepala KTNA Kab. Aceh Tamiang dan Yogi.
Datuk Penghulu Desa Tenggulun dan Abidin
Ketua Gapoktan Makmur Jaya an Wagiren dan masyarakat Ds. Kecamatan Tenggulun. SMK Pemuda Kabupaten Aceh Tamiang.

Berikut ini dapat dilaporkan:

Pukul 12.15 WIB, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Panglima IM serta Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan tiba di lapangan Dsn Football. Adil Makmur I Ds. Kecamatan Tenggulun. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang.

Pukul 12.20 WIB kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan acara penanaman jagung, adapun urutan acara sebagai berikut

Sambutan Bupati Aceh Tamiang an H. Mursil, SH, Mkn adalah sebagai berikut:

Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan Tanam Jagung Hebat ini, sebagai upaya Peningkatan Produksi dan Produktivitas tanaman pangan dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Kebutuhan pangan dan industri terus meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, sehingga upaya peningkatan produksi pangan dalam negeri perlu menjadi perhatian.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan, Aceh khususnya Kabupaten Aceh Tamiang masih memiliki peluang besar untuk meningkatkan produksi pangan melalui program Crop Index Improvement (IP), Peningkatan Produksi dan produktivitas melalui intensifikasi, Perluasan Areal Tanam melalui optimalisasi penggunaan lahan, Penggunaan Unggul Bersertifikat Varietas, dan Paling-paling Penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya petani melalui penyuluhan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan sangat aktif dan tanggap dalam menjaga ritme pembangunan pertanian sebagai tulang punggung perekonomian rakyat dengan tetap menjaga ketahanan pangan, diantaranya dengan mempersiapkan perluasan areal tanam jagung sebagai kita saksikan hari ini.

Selain komoditas tanaman pangan, Kabupaten Aceh Tamiang memiliki komoditas pertanian unggulan lainnya berupa kelapa sawit, karet, kakao dan nilam serta sejumlah komoditas hortikultura dan pada sub sektor tanaman pangan, Aceh Tamiang kini telah bersertifikat organik. nasi, yang pertama di Aceh. Di subsektor perkebunan, lebih dari 3 ribu hektare sawit rakyat telah mengikuti Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) dan sebagian sudah mulai memanen hasilnya. Lebih dari 1.600 petani kelapa sawit kini juga berpartisipasi dalam program Verified Sourcing Area untuk industri kelapa sawit. pembangunan berkelanjutan yang menjadi panutan bagi pengembangan kelapa sawit petani kecil di seluruh dunia.

Saat ini kami juga sedang mengoptimalkan produksi dan produktivitas kakao dan nilam Aceh. Kami juga menyampaikan kepada Wakil Menteri Pertanian, sebulan yang lalu kami menyampaikan Proposal Pembangunan Pabrik Minyak Goreng Mini kepada Kementerian Koordinator Perekonomian dan BPDPKS, tentunya kami sangat mengharapkan dukungan dari Wakil Menteri untuk pembentukan sebuah pabrik. ini bisa segera dilakukan.

Pada kesempatan ini juga kami sampaikan kabar gembira, bahwa per 19 Agustus hingga hari ini, Aceh Tamiang telah mencapai nol kasus (zero case) PMK. Tidak ada penambahan kasus baru. Dari 9.016 sapi yang terkena PMK, 8.908 berhasil sembuh, 106 mati dan 2 disembelih paksa. Sebanyak 1.500 ekor sapi juga telah menerima vaksin PMK. Jumlah ini masih sangat kecil dari total populasi sapi yang mencapai 45 ribu ekor.
7). Kami menghimbau kepada para petani yang mengelola lahan sawah seluas 218 ha ini untuk tetap mempertahankan fungsi lahan yang ada untuk budidaya komoditas pertanian, baik itu padi, palawija, maupun sayuran. Jangan alihkan fungsinya untuk menanam kelapa sawit. Kepada Wakil Menteri Pertanian, kami berpesan, jangan sungkan untuk membantu Aceh Tamiang. Apapun program di kementerian, selama sesuai dengan kebutuhan petani dan masyarakat, kami siap menerimanya.

Sambutan Panglima IM dan Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH antara lain sebagai berikut:

Terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir mensukseskan acara ketahanan pangan hari ini dalam rangka pelaksanaan program penggiat ketahanan pangan di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Aceh Tamiang, semoga dapat membantu perekonomian masyarakat dengan baik.

Saya selaku Panglima Pangdam IM akan terus mendukung dan mensukseskan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Kodim 0117/Aceh Tamiang hingga sektor terbawah Babinsa agar selalu membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan mendukung penuh penanaman jagung besar di Desa Tenggulun.

Kami berdua berharap semoga acara ini bisa sukses dan dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya masyarakat Kab. Aceh Tamiang.

Sambutan Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia an Ir. Harvick Hasnul Qolbi :

Terima kasih atas sambutan yang begitu semarak kepada elemen daerah dan masyarakat, insya Allah kehadiran saya disini bukan hanya sekedar wacana, tetapi menyampaikan dari Presiden untuk selalu menjaga NKRI dan memberikan pesan bahwa perekonomian Indonesia masih dalam posisi yang baik. Kedatangan saya di sini adalah pemerintah hadir dan bahu membahu agar kedaulatan pangan bisa tercapai, termasuk di sektor pertanian jagung.

Menyampaikan bahwa dalam kaitannya dengan krisis pangan global, Indonesia sejauh ini masih dalam posisi positif dan jika secara global internasional memang demikian, tetapi negara kita sejauh ini masih dalam posisi positif dan aman sehingga kita tidak memiliki kekurangan. Tentu saja kita sudah melebihi produktivitas jagung kita sampai hari ini, bahkan impor kita sudah lama tidak berjalan atau berhenti, sehingga dalam beberapa tahun terakhir kita mengalami surplus.

Kita juga berharap akan ada petani milenial dimana ada 2 hal yaitu pendapatan dan amanah, dalam konteks amanah ini kita disini memahami permasalahan dan apa yang diharapkan, kemudian untuk masalah pendapatan juga ada pengusaha disini menunjukkan bahwa usaha jagung ini menjanjikan untuk dijadikan komoditas. penghasilan.

Pemberian cinderamata kepada Gapoktan Makmur Jaya di Desa Tenggulun secara simbolis

Bantuan yang diberikan oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia adalah sebagai berikut:
Bantuan Padi Inbrida Padi
TP Pusat: 2.000 Ha
TP Prov: 1.000 Ha

Bantuan Jagung Hibrida APBN TP Pusat: 350 Ha

TP Prov Kedelai Bantuan APBN : 300 Ha.

3 Unit Bantuan Alsin Pasca Panen :
Pemipil Jagung : 2 Unit
Power Threser : 1 Unit

Bantuan Ditjen Hortikultura untuk alokasi cabai: 8,5 Ha

Bantuan Ditjen Sarana dan Prasarana Pertanian Bantuan Pra Panen APBN
Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT): 13 Unit Rp. 975.000.000
Pembangunan Waduk Pertanian : 1 Unit Rp. 120.000.000
Pembangunan Irigasi Pemompaan Besar : 1 Unit Rp. 107.600.000
Optimalisasi Lahan Rawa (Kerjasama TNI): 200 Ha Rp. 680.000.000
Optimalisasi Lahan Rawa (Tanah) Gapoktan : Rp. 180.000.000

Pukul 13.50 WIB, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Panglima IM serta Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan makan siang bersama dilanjutkan dengan Sholat Zuhur.

Pukul 14.20 WIB Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Panglima IM serta Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan menuju lokasi penanaman jagung yang telah disiapkan di Ds. Kecamatan Tenggulun. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang.

Pukul 14.30 WIB, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Panglima IM serta Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan tiba di lokasi penanaman jagung di Ds. Kecamatan Tenggulun. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang dilanjutkan dengan penanaman jagung.

Pukul 15.00 WIB Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Ir. Harvick Hasnul Qolbi meninggalkan lokasi penanaman jagung di Ds. Kecamatan Tenggulun. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang menuju Bandara Kuala Namu Prov. Sumut, sedangkan Panglima IM dan Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH menuju Makodim 0117/Aceh Tamiang untuk melakukan transit.

Pukul 16.05 WIB, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi telah melintasi perbatasan Kab. Aceh Tamiang kemudian menuju Bandara Kuala Namu Prov. Sumatera Utara.

Pukul 16.10 WIB, Pangdam IM Mayjen Mohammad Hasan, SH beserta rombongan tiba di Makodim 0117/Aceh Tamiang untuk melakukan transit.

Pukul 16.30 WIB Panglima IM dan Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan berangkat dari Makodim 0117/Aceh Tamiang menuju Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Pukul 16.40 WIB Panglima IM dan Mayjen TNI Mohammad Hasan, SH beserta rombongan telah melintasi perbatasan Kab. Aceh Tamiang kemudian menuju ke Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Seluruh rangkaian kegiatan Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Panglima IM an Mohammad Hasan, SH beserta rombongan di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang selesai pada pukul 16.40 WIB dan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kunjungan Kerja Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia ini merupakan peresmian penanaman jagung sebagai upaya Peningkatan Produksi dan Produktivitas tanaman pangan dalam rangka menjaga ketahanan pangan dimana pangan dan industri terus meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk di Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Nangroe Tamiang.

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *