Miris..!! Pekerjaan Belum Selesai, Kondisi bangunan Plengsengan proyek JLS Ambruk

Miris..!! Pekerjaan Belum Selesai, Kondisi bangunan Plengsengan proyek JLS Ambruk

Sampang,bratapos.com Proyek pembangunan jalan lingkar selatan (JLS) Sampang senilai Rp 204 miliar kembali menjadi sorotan. Pasalnya, tembok penahan tanah (TPJ) atau bangunan plengsengan yang terletak di Jalan Mangkumi, Desa Polagan, Kabupaten Sampang itu sudah rusak.

Pengamatan di lapangan Plengsengan yang baru dibangun sudah rusak dan retak. Bahkan ada yang ambruk tapi sudah diperbaiki.

Campuran semen dan batu yang digunakan terlihat pucat seperti penderita tifus.

Diketahui, Proyek JLS sedang dikerjakan oleh PT Asri Karya Lestari bekerja sama operasional (KSO) dengan PT Dua Puteri Kedaton. Nilai kontrak karya untuk proyek ini adalah Rp. 199.758.646.139,99. Proyek JLS dikerjakan secara multi years mulai tahun 2021 dan ditargetkan selesai tahun ini.

Pembangunan JLS dilakukan sepanjang 7,4 kilometer. Rute ini melewati Desa Aeng Sareh, Desa Pangongsean dan Patarongan, Kecamatan Torjun. JLS akan menjadi jalur alternatif untuk kendaraan berat.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi III DPRD Sampang, Abdus Salam, mempertanyakan kualitas proyek pembangunan yang dibiayai pinjaman tersebut.

“Konstruksinya seperti apa, kok baru dibangun dan tidak ada yang rusak,” kata Abdus Salam.

Politisi Partai Demokrat itu juga mempertanyakan sistem pengawasan yang dilakukan instansi dan konsultan terkait saat pembangunan infrastruktur dilakukan. Pengawasan ini harus memperhatikan kualitas pekerjaan.

“Menurut saya, karena konstruksinya asal-asalan sehingga mudah rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPR Sampang, Hasan Mustofa, belum bisa dimintai keterangan terkait kerusakan proyek tersebut. Dikunjungi ke kantornya, tidak ada yang dihubungi melalui nomor telepon yang biasa digunakan juga tidak ada tanggapan.

Reporter: Riyan

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *