Mojokerto Raya Berlakukan Plat Warna Putih, Cek Kendaraan Anda Termasuk Apa Nggak

Mojokerto Raya Berlakukan Plat Warna Putih, Cek Kendaraan Anda Termasuk Apa Nggak

Mojokerto (TintaSantri.com) – Mojokerto Raya sudah mulai menerapkan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) putih dengan tulisan hitam. Penegakan ini bertujuan untuk memudahkan identifikasi kendaraan saat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tiket elektronik saat ini telah diterapkan.

Penegakan ini menindaklanjuti instruksi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mendukung target 5 tahun ke depan. Perubahan penggunaan plat nomor terbaru dilakukan secara bertahap, salah satunya di Mojokerto Raya. Polresta dan Polres Mojokerto sudah dilaksanakan sejak 18 Juni 2022 kemarin.

Kepala Lalu Lintas Polres Mojokerto, AKP Heru Sudjio Budi Santoso mengatakan, sesuai instruksi Polda Jatim, plat putih sudah dibagikan dari Polda Jatim ke jajaran Polres. “Tentang penggunaan atau pelaksanaannya sesuai instruksi dari Polda Jatim yaitu Telegram pada 18 Juni 2022,” ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Penggunaan pelat putih akan diberlakukan mulai Juli 2022. Kendaraan prioritas yang menggunakan pelat putih adalah kendaraan baru, kendaraan yang sedang dalam proses perubahan nama pemilik dan kendaraan yang masa TNBKnya telah berakhir dan harus diperpanjang.

“Kami akan menggunakan plat putih setelah penggunaan plat hitam habis di semua jajaran. Kami tidak dibatasi waktu, selama stok plat hitam masih ada, kami akan tetap menggunakan plat hitam. stok di setiap samsat habis, akan digunakan plat hitam,” katanya.

Polres Mojokerto mulai membagikan atau menegakkan pelat putih sejak kemarin (1/8/2022). Pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bentuk dan warna agar masyarakat paham. Kasat menjelaskan, jika bentuknya masih sama dengan pelat hitam, hanya warnanya saja yang berubah.

Salah satu warga yang membidangi Kantor Bersama Samsat Mojokerto.

“Kalau plat putih baru dasarnya putih, tulisannya angka dan huruf hitam. Ya dari beberapa analisa dan evaluasi serta kajian dari Korlantas kenapa plat putih diterapkan. Saat ini era digital, termasuk penerapannya. tiket elektronik, menargetkan mobil agar lebih jelas dalam pengambilan gambar,” katanya.

Baik untuk pengemudi maupun kendaraan yang menggunakan plat putih. Karena saat matahari sedang terik atau malam hari, kamera di mobil target bisa merekam dengan baik saat pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas. Hal ini telah diselidiki oleh Korps Lalu Lintas Polri.

“Jika menggunakan plat putih saat direkam, akan lebih jelas. Tujuannya untuk mengurangi kejahatan jalanan, pelanggaran dapat dicatat dengan baik dan orang dapat hidup dengan aman dan tenang. Kota Mojokerto, kami mendapatkan bantuan satu unit mobil Incar. Untuk pemasangan CCTV tambahan tentunya melihat situasi dan kondisi yang paling rawan terjadi kriminalitas dan pelanggaran,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Lalu Lintas Polres Mojokerto, AKP Muhammad Bayu Agustyan. “Polres Mojokerto sudah memberlakukannya sejak minggu lalu (plat putih). Ya untuk kendaraan baru dan kendaraan yang membayar pajak 5 tahun. Tentu ini butuh proses,” jelasnya.

Kasat menjelaskan, pelaksanaan plat putih tidak bisa serta merta dilakukan karena butuh waktu. Sehingga penerapan plat putih ditujukan bagi kendaraan baru dan kendaraan yang membayar pajak 5 tahun. Bagi yang masih menggunakan plat hitam, masyarakat dihimbau untuk tidak khawatir.

“Karena tidak mungkin mengganti semua plat putih, ini bertahap. Plat hitam masih berlaku, kalau plat hitam mau ganti putih gak bisa, harus nunggu juga. Sejak dirawat pekan lalu hingga saat ini ada kurang lebih 600 kendaraan di wilayah hukum Polres Mojokerto dengan plat putih,” pungkasnya. [tin/kun]


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *