Pesilat Asal Ponorogo Jadi Juara Dunia di Malaysia

Pesilat Asal Ponorogo Jadi Juara Dunia di Malaysia

Ponorogo (TintaSantri.com) – Masih ingat Aji Bangkit Pamungkas? Ya, Aji adalah atlet pencak silat yang mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2018.

Atlet Reog Bumi juga menyumbangkan medali emas yang menjadikan pencak silat Indonesia juara umum.

Ternyata prestasi pemuda berusia 23 tahun itu tak hanya mentok di Asian Games. Baru-baru ini, warga Desa Kertosari, Kecamatan Babadan, berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia pencak silat yang digelar di Malaysia.

“Alhamdulillah, Mas Bangkit pada Minggu (31/7) lalu berhasil meraih juara 1 kejuaraan dunia pencak silat Malaysia,” kata Agus Widodo, orang tua Aji Bangkit Pamungkas, Selasa (2/8/2022).

Aji Bangkit Pamungkas pada kejuaraan dunia pencak silat di Malaysia, turun di kelas bebas 2. Dengan berat minimal 110 kilogram. Di babak final Minggu lalu, Aji Bangkit berhasil mengalahkan lawannya dari Thailand bernama Adthapong Saengtep. “Dia menang di final atas atlet pencak silat asal Thailand, Adthapong Saengtep,” ujarnya.

Untuk meraih juara dunia pencak silat di Malaysia, Aji Bangkit Pamungkas mengatakan, perjuangan sang ayah penuh perjuangan. Awalnya, ia akan membidik dan menjatuhkan diri di kelas 90 kilogram. Saat itu, dia yang berbobot 107 kilogram, harus menurunkan berat badannya hingga 90 kilogram.

“Saat hendak mendaftar dan berat Bangkit sekitar 100 kilogram, ternyata kelas yang diinginkan sudah penuh. Hingga tersisa kelas 2 gratis dengan berat minimal 110 kilogram. Akhirnya Bangkit naik lagi berat badannya,” ujarnya.

Kesuksesan Bangkit menjadi juara di setiap kejuaraan pencak silat tak lepas dari ritualnya selama ini. Sebelum bertanding, Bangkit selalu meminta restu kepada orang tuanya. Hingga akhirnya Rise meraih kemenangan demi kemenangan. “Sebelum bertanding, dia minta restu Bangkit untuk bertanding seperti itu,” pungkas Agus. (dari/hanya)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *