Presiden Joko Widodo Tutup ASEAN Para Games ke-11, Indonesia keluar sebagai Juara Umum

Presiden Joko Widodo Tutup ASEAN Para Games ke-11, Indonesia keluar sebagai Juara Umum

Diposting pada 1 views

Surabaya (beritajatim.com) – Asean Para Games 2022 ke-11 resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu malam (6/8). Acara yang berlangsung di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah ini ditutup dengan pesta kembang api di langit Surakarta.

Tak hanya itu, berbagai pertunjukan juga dipamerkan. Di penghujung acara sendiri, Jokowi menyerahkan kendi berisi air kepada para penari Hanoman. Air tersebut digunakan untuk mematikan air di dalam kuali.

Pada Festival Olahraga Cacat Asia Tenggara, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para atlet dari negara-negara ASEAN yang berpartisipasi. Menurutnya, para atlet tersebut telah memberikan pesan kepada dunia luar, bahwa keterbatasan bukanlah halangan bagi seseorang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

“Dengan komitmen dan kerja keras, penyandang disabilitas mampu menorehkan sejuta prestasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyatakan komitmennya untuk selalu mendukung setiap inisiatif penyandang disabilitas. Ia yakin solidaritas yang ditunjukkan para atlet di ajang tersebut akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN.

Tak lupa, orang nomor satu di Indonesia itu juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpiade Nasional Kamboja, Mr. Hun Many, APSF (ASEAN Para Sport Federation), International Sport Federation, NPC (National Paralympic Committee), dan Komite Nasional ASEAN Para Games ke-11.

Juga semua pihak yang telah ikut menyukseskan ASEAN Para Games XI 2022, termasuk Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Surakarta.

Indonesia Keluar Sebagai Juara Umum Asean Para Games ke-11

Setelah seluruh rangkaian cabang olahraga selesai pada Jumat (5/8) lalu, Indonesia resmi keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games ke-11. Ini mematahkan 5 tahun terakhir, jika tuan rumah di ASEAN Para Games tidak akan merebut juara umum.

Diketahui 5 negara penyelenggara sebelumnya yaitu: Malaysia, Singapura, Myanmar dan Indonesia tahun 2011, semuanya belum pernah menjadi juara umum.

Total medali yang diraih Indonesia sebanyak 419 medali. Dengan rincian; 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu. (Yohanes)


artikel berita ini telah tayang di beritajatim.com