Resep Bikin Donat untuk Cemilan Keluarga, Simpel dan Murah

Resep Bikin Donat untuk Cemilan Keluarga, Simpel dan Murah

Surabaya (TintaSantri.com) – Siapa di antara kalian yang suka kue yang satu ini? Ya, donat. Kue ini memiliki rasa yang manis. Tak hanya anak-anak, banyak orang dewasa juga menyukai kue yang satu ini.

Porsinya yang tidak terlalu besar ditambah dengan berbagai topping yang bisa digunakan, membuat kue ini banyak peminatnya. Mulai dari taburan meses topping, selai keju hingga gula pasir yang sudah dihaluskan.

Meski kue ini dibuat dengan bahan dasar tepung terigu berprotein tinggi, tak jarang seseorang menambahkan kentang atau ubi jalar ke dalam adonannya. Hal ini untuk memperkaya rasa donat. Tapi, jangan khawatir, Anda tetap bisa membuat dnat, meski tanpa kedua bahan baku tersebut.

Caranya cukup mudah. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

Bahan:

– 360 g tepung protein tinggi

– 40 gr tepung maizena

– 40 gr susu kental manis

– 40 gr gula pasir

– 6 gram fermipan

– 1 butir telur

– 225 ml air (bisa ditambah jika dirasa kurang)

– sdt garam

– 50 gr margarin

– Gula halus (untuk topping)

Cara

Setelah semua bahan siap, lanjutkan ke langkah berikutnya:

Pertama, Campur tepung terigu, maizena dan ragi. Kemudian, masukkan susu kental manis, telur dan beri sedikit air. Lakukan sambil menguleni adonan hingga kalis. Jangan lupa, tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga kalis.

Kedua, Bagi adonan menjadi bola-bola kecil, bentuk dengan rapi. Jika Anda menginginkan bentuk yang rata, Anda dapat menimbang setiap lingkaran.

Ketiga, Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit, jangan lupa tutup dengan kain bersih. Ini berfungsi, sehingga adonan bisa mengembang dengan baik.

KeempatSetelah dirasa sudah mengembang, buat lubang di tengah lingkaran donat, cukup dengan tangan, lalu goreng dalam minyak panas. Pastikan seluruh adonan terendam minyak dan gunakan api kecil.

TerakhirBeri topping sesuai selera, seperti: meses, keju atau gula halus.

Bagaimana? Mudah bukan? Selain jajanan di rumah, kamu juga bisa menjadikannya sebagai produk jualan. (Yohanes)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *