RT 8 Desa Hendrosari, Gelar Malam Tirakatan, Ini Pesan Ketua RT

RT 8 Desa Hendrosari, Gelar Malam Tirakatan, Ini Pesan Ketua RT

GRESIK || TintaSantri.com. Tradisi merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus masih banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Malam Tirakatan adalah malam tanggal 16 Agustus. Ini adalah rangkaian acara menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia besok.

Saat menggelar malam tirakatan, warga biasanya akan berkumpul di salah satu tempat kuno tersebut untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di berbagai daerah, malam tirakatan juga ditandai dengan mendengarkan kesaksian dari para sesepuh yang telah berpartisipasi dalam perjuangan melawan penjajah.

Seperti yang dilakukan RT 08 RW 01 Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, menggelar malam Tirakatan. Berbagai macam makanan dibawa oleh warga untuk disantap bersama. Tujuannya adalah untuk saling berkomunikasi. Selasa 16 Agustus 2022.

Menurut Ketua RT 8 Moh Arip, sudah sepatutnya kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini, dalam acara syukuran hari kemerdekaan dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Arip mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia HUT RI ke-77 yang telah mempersiapkan segalanya. Bahkan kelompok pemuda sebelum Agustus tiba sudah bersiap-siap. Sehingga rangkaian acara di desa kami dapat berjalan dengan lancar.

“Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan agenda tahunan bagi lingkungan kita, sebagai bentuk rasa syukur kita. Karena Tuhan telah memberikan kita jalan untuk menjadi bangsa yang merdeka. Bangsa yang bebas dari penjajahan bangsa lain. Sehingga kita bisa bebas berkarya, berkreasi dan berkreasi seperti sekarang ini,” ujar Arip.

Arip mengatakan, acara ini juga merupakan saat yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi antar seluruh warga khususnya yang berada di RT 08 RW 01. Apalagi setelah kita semua melalui masa-masa sulit di masa pandemi.

“Sepertinya kita semua telah dijajah oleh virus yang membatasi ruang bersosialisasi. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta dapat membawa manfaat dan berkah bagi kita semua,” tutupnya.

Reporter: Jamal Sintaru

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *