Semangat Hidup Luntur? Ini 5 Rekomendasi Film yang Bisa Beri Motivasi!

Semangat Hidup Luntur? Ini 5 Rekomendasi Film yang Bisa Beri Motivasi!

Surabaya (TintaSantri.com) – Dalam hidup, tentu tidak semuanya berjalan mulus, terkadang ada pasang surut yang sering membuat Anda patah semangat. Kegagalan yang Anda alami lambat laun membuat rasa percaya diri Anda menurun.

Penyebabnya banyak dan siapa saja bisa mengalaminya, seperti nilai sekolah yang tidak memuaskan, pekerjaan yang tidak maksimal, atau sekadar bosan dengan kegiatan yang monoton. Akibatnya, Anda akan merasa tidak termotivasi.

Perasaan itu sangat wajar, namun bukan berarti Anda menyerah begitu saja dan memutuskan untuk berhenti berusaha. Tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dan mencari inspirasi yang bisa mengangkat semangat Anda. Inspirasi juga bisa didapatkan dari berbagai sumber, salah satunya melalui film.

Yap, menonton film yang memotivasi tanpa sadar akan membuat Anda termotivasi juga. Nah, ini dia beberapa rekomendasi film terbaik yang bisa menginspirasi kamu!

1. Mengejar Kebahagiaan (2006)

Jika Anda sedang merasakan sulitnya hidup dan tidak bisa menemukan jalan keluarnya, Anda bisa mencoba menonton film yang dibintangi oleh Will Smith dan Jaden Smith ini. Jika di dunia nyata mereka adalah ayah dan anak, di film mereka sama.

Bercerita tentang seorang ayah bernama Chris Gardner, seorang salesman yang sedang mengalami krisis ekonomi dan terlilit hutang. Dengan putranya, ia menjadi gelandangan. Belum lagi sang istri yang memilih meninggalkan mereka.

Meski begitu Chris tak mau menyerah. Demi anak ia terus bersemangat untuk bangkit dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Berkat usahanya, Chris akhirnya bisa sukses dan bahkan mendirikan perusahaan sendiri.

2. Kehidupan Rahasia Walter Mitty (2013)

Film ini cocok untuk kamu yang merasa stuck dan bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Fokusnya adalah pada Walter Mitty, seorang karyawan di sebuah majalah terkenal berjudul Life. Hari-harinya dihabiskan untuk mengedit foto petualangan orang lain.

Bosan, dia memutuskan untuk melakukan petualangannya sendiri. Mitty bertemu dengan seorang fotografer bernama Sean O’Connell, yang dia minta untuk mengabadikan petualangannya dan memasang fotonya di sampul edisi terakhir majalah Life.

Tak disangka, ia berhasil keluar dari zona nyamannya dan malah menemukan hal baru yang membuatnya bersemangat. Mitty seolah mengajari penontonnya untuk berani keluar dari zona nyaman dan mengalami petualangan baru dalam hidup.

3. Forrest Gump (1994)

Film tahun 90-an ini tentunya harus masuk dalam daftar film inspiratif. Bagaimana tidak, Forrest Gump mengajarkan kita untuk memiliki ketekunan dan niat baik, sehingga mampu membuktikan bahwa kita memang mampu meraih mimpi kita.

Pesan ini disampaikan melalui karakter utama, seorang pria dengan hati yang baik, berpikir optimis dan berhasil membuat dirinya melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Dia terus-menerus dihina dan tidak memiliki teman karena kecerdasan dan keterbatasan fisiknya yang di bawah rata-rata. Meski begitu, ia memiliki kemampuan untuk berlari dengan cepat, sehingga ia dengan gigih ingin meraih mimpinya sebagai seorang prajurit.

4. Magang (2015)

Selain dapat memotivasi Anda sebagai seorang pekerja, “The Intern” juga menyampaikan pesan agar tidak meremehkan kemampuan seseorang hanya melalui usia atau fisik. Film ini berkisah tentang Ben Whittaker, seorang kakek berusia 70 tahun yang sudah pensiun namun bosan. Ia pun memutuskan untuk magang di sebuah perusahaan startup yang dikelola oleh Jules Ostin. Tentu saja Jules Ostin tidak mempercayai kemampuan Ben.

Namun nyatanya, Ben-lah yang membantu Jules mengatasi masalah bisnis atau konflik pribadi. Ben juga membuat Jules terbuka dan melihat dari berbagai sudut pandang.

5. Keajaiban Biru (2021)

Diklasifikasikan sebagai film baru, “Blue Miracle” didasarkan pada kisah nyata. Disutradarai oleh Julio Quintana, film Netflix ini menceritakan tentang Omar, seorang pria baik hati yang merawat anak-anak yatim piatu di panti asuhan. Rumah itu disebut Casa Hogar dan terletak di Meksiko.

Sayangnya, wilayah mereka diterjang Badai Odile sehingga menyebabkan tempat tinggal mereka terendam banjir. Mereka pun mencari cara untuk menyelamatkan tempat tersebut, mengingat mereka tidak memiliki penghasilan, tentu saja rasanya tidak mungkin.

Omar akhirnya mengikuti kompetisi memancing bernama Bisbee’s Offshore Tournament. Bukan tanpa alasan, kompetisi ini menawarkan hadiah yang fantastis, hingga jutaan US Dollar. Tapi tentu tidak akan mudah.

Menonton film-film di atas hanya akan membantu Anda menemukan inspirasi dan menumbuhkan semangat baru. Namun kembali ke diri sendiri, semangat itu harus selalu ada dalam diri Anda, karena hidup ini akan terus berputar dan tidak bisa mengikuti apa yang Anda inginkan. Tetap percaya bahwa setiap peristiwa akan memiliki makna di baliknya. (mnd/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *