Taman Zakat Ajak Anak Yatim Belanja di Supermarket

Taman Zakat Ajak Anak Yatim Belanja di Supermarket

Surabaya (TintaSantri.com) – Berharap bisa membahagiakan anak-anak yatim di bulan Muharram, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat punya caranya sendiri. Caranya dengan mengajak puluhan anak yatim untuk berbelanja di supermarket, mengajak mereka untuk mengambil apa yang mereka butuhkan, Rabu (10/8/2022) malam.

Pengelola Program Zakat Park, Rohadi menjelaskan, bulan Muharram merupakan bulan yang istimewa, bulan dimana Nabi melipatgandakan kasih sayang kepada anak yatim.

“Kami menamakan kegiatan ini ‘Happy Shopping with Yatim’. Kami membawa anak-anak kami ke Supermarket Palapa di Jalan Panjang Sidoarjo. Masing-masing dari kami memberi Rp. 200 ribu. Kami mengajak mereka untuk mengambil apa yang mereka butuhkan,” jelasnya.

Rohadi berharap kegiatan ini bisa sedikit menambah keceriaan anak yatim di bulan Muharram dan menjelang HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, tambah pria 39 tahun ini, kegiatan ini juga diharapkan agar anak-anak yatim piatu dapat mengatur keuangan dan kebutuhannya.

“Uang yang kita berikan tidak harus dibelanjakan, bisa juga ditabung dan mungkin juga dibelanjakan. Alhamdulillah, saya melihat sebagian besar adik-adik ini meninggalkan uang untuk ditabung setelah membeli apa yang mereka butuhkan,” ujarnya.

Rohadi kemudian mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan yang dihadapi anak yatim.

Momentum Muharram, kata dia, bisa menjadi pengingat bahwa anak yatim piatu yang terlantar adalah tanggung jawab bersama.

“Peduli anak yatim, tentu tidak hanya di bulan Muharram, tapi setiap bulan, setiap saat mereka membutuhkan kita. Setiap Muharram menjadi momentum bagi kami, mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Muharram, lanjutnya, merupakan hari raya Idul Fitri bagi anak yatim. Saat ini, menurut dia, merupakan momen yang tepat untuk terus meningkatkan tingkat kecintaan dan kepedulian terhadap anak yatim.

“Rasulullah sangat mencintai anak yatim. Dan, dia lebih mencintai lagi pada hari Asyura atau 10 Muharram. Di mana pada tanggal itu, dia berpesta dan bersedekah tidak hanya kepada anak yatim, tetapi juga kepada keluarganya,” kata Ziyad.

Ziyad kemudian menyebutkan sebuah hadits yang mengatakan bahwa barang siapa berpuasa pada hari Asyura (10 Muharram), Allah pasti akan memberikan seribu pahala malaikat dan 10.000 pahala syahid. Dan barang siapa yang mengelus kepala anak yatim pada hari Asyura, maka Allah akan meninggikan derajatnya pada setiap helai rambut yang ia usap.

“Semoga sedikit titipan dari para donatur kami ini dapat menambah keceriaan anak-anak yatim,” pungkasnya. [tok/but]


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *