Usai Upacara HUT RI Ke-77 Balai Kota Kediri Semarakkan Fashion Show Baju Adat

Usai Upacara HUT RI Ke-77 Balai Kota Kediri Semarakkan Fashion Show Baju Adat

Kabupaten Kediri || bratapos.com – Ada yang berbeda pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 (HUT RI ke-77) yang digelar di Halaman Balai Kota Kediri, Rabu (17/08/2022). Jika tahun sebelumnya hanya segelintir institusi yang berpartisipasi, kini masyarakat umum diperbolehkan mengikuti upacara tersebut.

Ada sebanyak 50 orang yang terpilih untuk mengikuti upacara ini dan diwajibkan mengenakan pakaian adat nasional. Pakaian adat yang mereka kenakan juga sangat beragam, ada yang memakai pakaian adat dari Bali, Jawa Timur, Yogyakarta, Betawi, dan masih banyak lagi.

Doni Saputra, salah satu masyarakat umum yang mengikuti upacara ini mengaku sudah menyiapkan pakaian adat yang akan dikenakan pada upacara ini sejak tiga hari lalu. Pakaian adat dari Bali dipilih karena Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dikagumi dan disukai banyak orang.

Salah satu peserta terbaik yang usai upacara diminta untuk memamerkan busana yang dikenakannya sebagai gelaran City Hall Fashion Week

Doni Saputra yang merupakan warga Blitar datang jauh-jauh dari tempat kelahirannya untuk mengikuti upacara ini karena ingin ikut memeriahkan HUT RI ke-77 di Kota Kediri.

“Sebenarnya tahun sebelumnya saya juga pernah mengikuti upacara seperti ini, karena kota Kediri bukan kampung halaman saya, jadi saya ingin datang untuk mencari suasana dan pengalaman baru,” kata Doni.

Usai upacara, dari 50 masyarakat umum yang mengenakan pakaian adat, dipilih 15 orang dengan penampilan terbaiknya berdasarkan pakaian adat yang dikenakan dan rias wajah mereka untuk berlenggak-lenggok di karpet merah di depan Wali Kota Kediri Forkopimda Kota Kediri. dan tamu lainnya, dalam sebuah acara yang disebut Balai Fashion Week City.

Selain kehadiran masyarakat umum dari berbagai daerah di sekitar Kota Kediri, upacara tersebut juga dihadiri oleh 2 warga negara asing, yaitu Muhammad Takaeh dari Thailand dan Mohd Aimanuddin dari Selangor, Malaysia.

Dua warga negara asing (WNA), Muhammad Takaeh dari Thailand dan Mohd Aimanuddin dari Selangor, mengikuti upacara yang digelar di Balai Kota Kediri Rabu (17/8/2022)

Saat ini Mohammad Takaeh dan Mohd Aimanuddin sedang menempuh pendidikan di Pesantren Lirboyo. Keduanya mengaku bangga bisa mengikuti upacara HUT RI ke-77 di Kota Kediri. Setelah hampir 10 tahun berada di Kota Kediri, baru kali ini mereka berkesempatan mengikuti upacara di Balaikota.

“Senang rasanya bisa menghadiri upacara hari ini. Bangga bisa menjadi bagian dari acara ini,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Forkopimda Kota Kediri usai menghadiri upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, mengungkapkan bahwa Kota Kediri Kediri pada HUT ke-1143nya mengusung tema Bangkit Bersama dan itu sejalan dengan tema HUT RI ke-77, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. “Harapan kami bisa terus bersatu padu menjaga kebersamaan ini untuk membawa Indonesia lebih baik lagi dan membawa kota Kediri lebih maju lagi,” pungkas Abdullah Abu Bakar.

Wartawan : Susilowati
Redaktur : ryanti

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *