7 Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan

7 Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan

Surabaya (beritajatim.com) – Meski bukan kategori penyakit serius. Sariawan memang cukup mengganggu, terutama saat kita makan atau berbicara.

Orang yang menderita sariawan, biasanya memilih untuk lebih banyak diam. Sariawan bisa terjadi di mana saja di area mulut. Terkadang bisa terjadi pada gusi, lidah hingga dinding mulut.

Untuk mengatasi masalah sariawan ini, ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan. Berikut caranya:

Itu Batu

Dingin dari es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat sariawan.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan es batu ke dalam mulut dan biarkan meleleh menyentuh area sariawan.

Ingatlah untuk tidak meletakkan es batu langsung pada sariawan, karena dapat memicu kondisi yang lebih buruk.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengompresnya. Bungkus es batu dengan kain lembut, lalu kompres perlahan pada area sariawan.

Kelapa

Kelapa dikenal kaya akan manfaatnya. Hampir semua bagian tanaman ini memiliki nilai guna. Untuk menyembuhkan sariawan anda, disana anda juga bisa menggunakan buah yang satu ini.

Cara termudah adalah dengan minum air kelapa, karena air kelapa membantu mengatasi dehidrasi dalam tubuh yang menyebabkan sariawan menjadi lebih baik.

Namun, Anda juga bisa menggunakan cara lain, seperti: berkumur dengan santan segar, 3-4 kali sehari.

Minyak kelapa juga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan sariawan, karena minyak kelapa mengandung senyawa anti bakteri yang dapat melawan bakteri penyebab sariawan. Minyak kelapa akan bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan rasa sakit akibat sariawan. Hal ini tidak terlepas dari senyawa anti inflamasi yang terkandung di dalamnya.

Kantong teh

Jika Anda menderita sariawan dan pernah menggunakan kantong teh, Anda bisa menggunakannya sebagai obat sariawan. Caranya, cukup kompres teh celup basah ke area sariawan. Mengompres sariawan dengan teh celup, dapat menetralkan keasaman di rongga mulut, dan sariawan Anda akan berangsur-angsur membaik.

Berkumur dengan garam

Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi, kandungan dalam garam bisa membatasi pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Ia bekerja dengan menyerap kelembaban di mulut, mengembalikan keseimbangan PH, dan mengurangi peradangan.

Madu

Cara ampuh lainnya untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan mengolesnya dengan madu. Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang efektif dalam mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan pada sariawan.

yogurt

Dengan mengonsumsi yogurt, Anda dapat menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut. Kandungan bakteri Lactobacillus dan Acidophilus pada yogurt dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat. Yogurt juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya sariawan baru. Anda hanya perlu makan yogurt dingin sekali sehari, bisa dicampur dengan buah segar.

Daun biji

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sariawan adalah berkumur dengan rebusan daun jambu biji. Sebuah penelitian dari Filipina menyebutkan bahwa obat kumur dari larutan daun jambu biji dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Diantaranya, membuat ukuran sariawan cepat menyusut.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan di mulut. (Jhn/tidur siang)


artikel berita ini telah tayang di beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *