7 Desa Terpencil di Jawa Timur Ini Mengenaskan, Tidak Dialiri Listrik hingga Ditinggalkan Penduduknya

7 Desa Terpencil di Jawa Timur Ini Mengenaskan, Tidak Dialiri Listrik hingga Ditinggalkan Penduduknya

Surabaya (TintaSantri.com) – Padahal Indonesia sudah mengalami pemerataan pembangunan, tahukah Anda ada beberapa desa yang belum tersentuh bahkan sengaja diabaikan.

Tentu Anda tidak menyangka bahwa di negeri yang merdeka ini ada desa-desa terpencil yang belum mengalami perubahan atau pembangunan. Tidak hanya di luar Jawa, ternyata ada juga di Jawa Timur.

1. Desa Kertoembo, Madiun

Desa Kertoembo adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Lokasi ini dikenal sebagai salah satu desa terpencil di daerah setempat, dan tersembunyi di balik Gunung Wilis yang menjulang tinggi.

Selain itu, lokasi desa ini berada di tengah hutan, di bawah tebing terjal. Meski terpencil, desa ini dikelilingi oleh air terjun kecil yang indah.

Meskipun desa ini terletak jauh dari kota, jalan menuju desa ini cukup mudah, bahkan dua mobil bisa saling berpapasan. Ya, meski tekstur jalannya masih tanah.

Namun, bagi yang ingin berkunjung ke desa ini disarankan untuk tidak datang saat musim hujan. Pasalnya, kondisi jalan licin dan sulit dijangkau akibat hujan.

2. Dusun Sumbulan, Ponorogo

Desa terpencil berikutnya terletak di Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Sejak tahun 2016 desa ini sudah ditinggalkan oleh seluruh warganya karena letaknya yang cukup terpencil.

Apalagi jalan menuju desa ini cukup terjal dan merupakan satu-satunya akses. Batas dusun ini dikelilingi oleh sungai dan hamparan persawahan. Pepohonan juga tumbuh rimbun di desa tua ini.

Meski Desa Sumbulan tidak berpenghuni, namun bangunan masjid di sana masih digunakan untuk beribadah oleh masyarakat.

3. Desa Demuk, Tulung Agung

Ketika menyebut desa Demuk, kesan pertama yang terlintas di pikiran adalah nama desa yang banyak orangnya sakit. Karena pada abad kesembilan belas desa ini masih berupa hutan belantara yang belum pernah dijamah manusia. Apalagi banyak orang yang tidak berani mendekati bahkan mendudukinya karena dianggap angker.

Bahkan ada gosip di wingit Jawa “jalmoo moro jalmo mati sato moro sato mati” yang artinya baik manusia maupun hewan yang datang ke tempat ini akan mati.

Namun, pada tahun 1968, desa yang terletak di dataran tinggi kapur ini mulai ditempati dan menjadi cikal bakal Kecamatan Pucanglaban.

4. Jurang Sempuh, Ponorogo

Jurang Sempuh adalah sebuah desa yang dikelilingi oleh tebing dan terletak di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Ponorogo.

Meski memiliki akses jalan yang cukup sulit dan terjal, desa ini merupakan penghubung antara Kabupaten Ponorogo dengan Kabupaten Pacitan.

5. Desa Opelan, Madura

Menurut informasi, desa yang terletak di kawasan Sumenep, Madura itu berada di daerah terpencil dan belum menikmati listrik.

6. Desa Wonopuro, Ponorogo

Desa terpencil berikutnya juga terletak di Kabupaten Ponorogo, dan terletak di atas gunung. Jalan menuju desa ini masih berupa tanah dan bebatuan yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.

7. Dusun Durbugan, Madura

Jika menyebut desa Durbugan, tentu ingat wisata air terjun yang begitu indah. Meski menyimpan keindahan alam, akan diinformasikan pada 2021 jika desa yang terletak di Pamekasan ini belum teraliri listrik.

Itulah beberapa desa terpencil yang berada di Jawa Timur, walaupun jauh dari perkotaan namun memiliki cerita dan pemandangan yang indah yang tidak kalah dengan daerah lain. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *