Bajes, Bus Sekolah yang Difasilitasi Mas Dhito Bagi Pelajar Terdampak Bandara Kediri

Bajes, Bus Sekolah yang Difasilitasi Mas Dhito Bagi Pelajar Terdampak Bandara Kediri

Kediri (beritajatim.com)– Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana telah mengoperasikan Bus Sekolah (Bajes) untuk memfasilitasi siswa yang terkena dampak pembangunan Bandara Internasional Kediri Dhoho.

Keberadaan Bajes menjadi solusi bagi siswa di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan dan Desa Kalipang, Kabupaten Grogol yang akan bersekolah. Sebab, dengan dibangunnya bandara, jarak ke sekolah harus semakin jauh.

Sejak dioperasionalkan pada awal sekolah baru pada Juli 2022, dua armada Bajes telah digunakan untuk mengangkut siswa ke SD 1 Bulusari dan SMP 3 Grogol secara gratis.

Pj Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin mengatakan Bajes merupakan jawaban atas aspirasi warga kepada Bupati Mas Dhito. “Dengan adanya Bajes ini, diharapkan siswa tidak lagi kesulitan menuju sekolahnya,” ujarnya, Minggu (25/9/2022).

Rute armada yang mengangkut anak-anak SD dimulai dari Dusun Selang – Jalan Baru – Simpang 3 Bangkrep – Jl. Kediri-Nganjuk – Kaliboto – Becek- Bulusari – SD Bulusari 1. Waktu keberangkatan dimulai pukul 06.00 WIB dan kembali pada pukul 10.30 dan 12.00 WIB.

Kemudian, jalur Bajes yang membawa siswa SMP berangkat dari Kalipang – Kajar – Grogol – Grogol Etan – Jl Baru – Dahu – Sonorejo – Bedrek – Sembak – Gringging – Bulusari – SMP Negeri 3 Grogol. Keberangkatan dimulai pukul 05.30 WIB dan kembali pada pukul 13.25 WIB.

Fasilitas Bajes dirasakan bermanfaat bagi siswa dan orang tua. Apalagi di tengah kondisi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) saat ini. Orang tua cukup membawa anaknya untuk mengambil poin yang jaraknya tidak jauh dari rumah. “Ada titik kumpul untuk penjemputan, jadi orang tua tinggal mengantar ke titik kumpul,” kata Muhsin.

Seperti halnya rute menuju SD Bulusari 1, titik penjemputan dimulai dari Dusun Selang gang 1,2,3 dan titik penjemputan keempat di Kaligede. Di sisi lain, siswa tidak khawatir terlambat ke sekolah karena penjemputan dilakukan lebih awal.

Atika Ningsih (9) siswi kelas 3 SD Bulusari 1 yang menggunakan fasilitas Bajes mengaku senang bisa sekolah bersama teman-temannya menggunakan Bajes. “Senang naik Bajes, teman saya banyak,” saya mahasiswa asal Dusun Selang, Bulusari. [nm/kun]


artikel berita ini telah tayang di beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *