Bupati Blora Bangun Sinergi dengan Raja Mangkunegara X Untuk Pemajuan Kebudayaan

Bupati Blora Bangun Sinergi dengan Raja Mangkunegara X Untuk Pemajuan Kebudayaan

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bersama Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (foto: istimewa)

SOLO || Bratapos.com – Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Selasa siang (13/9/2022) menggelar silaturahmi ke Puro Mangkunegaran di Kota Surakarta. Didampingi istrinya Hj. Ainia Shalichah, Bupati yang akrab disapa Gus Arief itu langsung disambut oleh Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Mereka bertiga dan rombongan kemudian berdiskusi terbatas di kediaman Puro Mangkunegaran. Selama kurang lebih 30 menit diskusi berlangsung hangat dan santai sambil menikmati teh hangat dan sepotong kue yang disajikan oleh abdi dalem Mangkunegaran.

Bahkan Bupati dan istrinya menerima Samir Puro Mangkunegaran hijau-kuning, yang dikenakan langsung oleh Raja Mangkunegara X. Hingga mereka diajak berfoto bersama Raja di kantornya.

“Alhamdulillah bisa bertemu dengan Kanjeng Mangkunegara X, Bhre Sudjiwo. Sosok raja muda yang cerdas, cerdas, visioner, dan penuh semangat dalam melakukan inovasi pelestarian budaya,” kata Bupati.

Menurut Bupati Arief, pihaknya bersama Prabu Mangkunegara X sepakat untuk mensinergikan kerjasama dalam memajukan budaya tradisional daerah masing-masing.

“Dia tertarik dengan Blora, yang bagian wilayah kita sebelumnya termasuk Mangkunegaran. Sebelumnya kami menyerahkan buku tentang potensi Blora dan kami sampaikan berbagai potensi seni budaya dari Barongan, Tayub, Sedulur Sikep Samin, Wayang Kulit, dan lain-lain,” lanjut Bupati.

“Dan ternyata Kangjeng Gusti Mangkunegara X mendukung perkembangan budaya ini. Mungkin kita akan membuat konsep acara budaya bersama, atau bagaimana konsepnya akan dibahas lebih lanjut. Insya Allah jika ada kesempatan, kami akan mengundang beliau ke Blora pada rangkaian HUT bulan Desember untuk bersama-sama mendalami budaya,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kanjeng GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, senang menerima kunjungan Bupati Blora. Meski baru pertama kali bertemu Bupati Arief Rohman, pihaknya sudah bisa menerimanya seperti saudara.

“Terima kasih Pak Bupati atas kunjungannya ke sini. Kebetulan saya belum pernah ke Blora. Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Blora. Jika saya punya waktu untuk pergi ke Thailand, saya pasti akan mencoba pergi ke Blora yang lebih dekat. Menunggu undangan Bupati,” kata Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo.

Menurutnya, yang membuat setiap daerah berbeda dan menarik adalah budayanya. Sehingga pihaknya mendorong setiap daerah untuk aktif melestarikan kekayaan budayanya sebagai objek wisata yang dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Termasuk Blora.

“Saya setuju dengan Bupati tentang pelestarian budaya daerah. Mangkunegaran siap mendukung kolaborasi dan sinergi. Blora dengan kekhasannya harus diketahui, begitu juga dengan Mangkunegaran. Bersama-sama kita peduli budaya nenek moyang kita,” lanjutnya.

Usai diskusi bersama, Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo pun sempat mengantar Bupati ke pelataran Puro Mangkunegaran. Turut hadir Asisten Tata Usaha Sekda Blora, Camat Kota Blora, dan sejumlah warga Mangkunegaran asal Blora.

Wartawan : Bambang

Editor : indi

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *