Kisah Pemuda Ahli Ibadah yang Difitnah Karena Menolak Cinta Seorang Perempuan

Wanita tua itu kemudian menceritakan kronologi kisah yang sebenarnya, dan ternyata sesuai dengan pengakuan si pemuda. Setelah mendengar kisah si wanita tua itu, Umar berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan salah seorang dari kami memiliki sifat seperti Nabi Yusuf“.

Cinta yang berlebihan jika tidak mendapatkan respon yang sepadan memang terkadang bisa membuat seseorang menebar banyak fitnahan. Bahkan, segala cara akan dilakukan untuk mendapatkan orang tersayang. Itu semua karena diri manusia tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya saat cinta sedang membara.

Meskipun dikaruniai wajah rupawan, dan disukai banyak orang, tetaplah rendah hati dan jangan sombong. Sebab, keindahan yang kita miliki adalah ujian yang perlu dilalui dengan ketaatan kepada Allah swt. Apalagi dengan keindahan fisik yang dimiliki, biasanya seseorang akan mudah tergoda dan kesulitan menahan hawa nafsunya.

Oleh sebab itulah, kisah di atas memberikan pelajaran penting bahwa janganlah menjadi sombong dan tetap mentaati perintah Allah saat kita sedang disukai banyak orang. Sebab, hal buruk bisa terjadi kapan saja dan berasal dari mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *