Tekan Angka Kasus PMK, TNI dan Petugas Puskeswan Beri Vaksinasi Hewan Ternak Warga

Tekan Angka Kasus PMK, TNI dan Petugas Puskeswan Beri Vaksinasi Hewan Ternak Warga

LUMAJANG // Bratapos.com- Untuk menekan angka kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Sumberjati Koramil 0821/10 Tempe dan petugas Puskesmas Pasirian memberikan vaksinasi kepada sejumlah hewan ternak warga, di Desa Sumberjati, Kecamatan Tempe, Kabupaten Lumajang, Kamis (15/15). 9/2022).

Dalam kegiatan ini, Koptu Nyono Winardi mengatakan selain menekan penyebaran PMK, upaya ini juga sebagai langkah menjaga kesehatan ternak warga.

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga merupakan kegiatan lanjutan, dimana sebelumnya petugas sudah memantau warga tentang rencana vaksinasi.

“Kami disini bersama petugas, selain memberikan vaksin kepada ternak, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penanganan PMK, dengan menjaga ternaknya dan menjaga kesehatannya,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu Petugas Puskeswan, Pasirian Hariyanto menjelaskan, vaksinasi kali ini ditujukan kepada sapi yang sehat untuk memberikan kekebalan pada sapi agar tidak tertular PMK pada sapi.

Menurutnya, vaksin diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terinfeksi virus PMK, hal ini karena sapi yang belum terinfeksi virus PMK akan membentuk antibodi di dalam tubuhnya.

“Dalam kegiatan ini, kami akan terus melakukan pemantauan dengan pihak terkait, sebagai upaya pencegahan, dengan harapan seluruh ternak milik warga di wilayah binaan kami bebas dari wabah PMK,” pungkasnya.

Reporter: Tuan/jo pertama

Editor/ Penerbit: Shelor

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *